Berikut Amalan Untuk Mendoakan Orang Sakit Dari Jauh Supaya Mereka Cepat Sembuh


mendoakan orang sakit via inovasee.com

Setiap penyakit niscaya bisa disembuhkan. Pola kehidupan dan hidup modern yang dijalani masyarakat di dunia ini kini sangat membahayakan, tidak hanya bagi agama dan moral, tapi juga bagi kesehatan.

Segala macam penyakit niscaya ada obatnya dan bisa disembuhkan. Hanya saja, insan belum bisa menemukan obat tersebut. Rasulullah saw secara tegas telah menyatakan bahwa setiap kali Allah SWT menawarkan penyakit kepada hambanya, niscaya Ia menyertakan obatnya. Sebagaimana yang dia sabdakan :

“Setiap kali Allah menurunkan penyakit, niscaya Dia menurunkan pula penyembuhnya. Yang hanya diketahui oleh orang yang mengetahuinya, dan diabaikan oleh orang yang tidak mengetahuinya.”

Doa menyerupai halnya dzikir, ialah sarana bagi seorang hamba untuk selalu mengingat Allah, dengan berdoa seseorang bisa menjadi lebih bersahabat dengan Allah SWT.

Ketika menjenguk, sebaiknya kita mendoakan orang sakit. Makara menjenguk, bukan hanya membawakan buah atau masakan enak, doa itu lebih penting sebab ia butuh cepat sembuh. Tentu doa akan memudahkan segalanya.

Sebab, Dia yang menawarkan sakit sekaligus obat penyembuhanya. Jika doa kita dikabulkan, dan Dia juga berkehendak untuk menyembuhkan, maka tidak ada satu pun penyakit yang tidak bisa Dia sembuhkan.

Inilah Beberapa Doa untuk Mendoakan Orang Sakit

ilustrasi berdoa via bersamadakwah.net

Berikut ini doa-doa yang bisa anda amalkan untuk mendoakan orang sakit di sekitar Anda:

1. Doa untuk Orang Sakit Ketika Berkunjung Kepada Keluarga

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari dan muslim, Aisyah R.A pernah bersabda bahwa Rasulullah SAW pada suatu saat berziarah/berkunjung kepada seorang keluarga yang mengalami sakit parah. Kemudian dia mengusapkan tangan kanannya kepada kepala anggota keluarga yang terkena sakit parah sambil mengucapkan :


ilustasi doa via informazone.com


2. Doa Cepat Sembuh Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Dalam Hadis yang di Riwayatkan oleh Abu Dawud, Alhamim, dan Attirmidzi disebutkan bahwa Ibnu Abbas R.A pernah mendengar Rasul Muhammad SAW bersabda bahwanya siapa yang mengunjungi orang sakit sebelum terputus nyawa dari raganya. Bacakanlah doa ini sebanyak tujuh kali, supaya Allah SWT menawarkan kesembuhan dari yang diderita. Do’a lekas sembuh tersebut yaitu sebagai berikut:


ilustrasi doa via informazone.com

Latinnya :
Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka

Artinya : 
“Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau.”


3. Doa untuk Orang Sakit dengan Sholawat Tibbil Qulub

ilustrasi doa via informazone.com

Latinnya :
 “Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Qiuluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadliyaaihaa Waquwwati Ajsaadi Wal Arwaahi Waghidaa Iha Wa’alaa Aalihi Washahbihi Ajma’in”

Artinya : 
“Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, sebagau obat hati dan penyembuhan, Penyehat tubuh dann kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan masakan pokok jasmani maupun rohani, semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya”.

Selain doa-doa yang sudah familiar dengan kita. Mendoakan orang yang sedang sakit dengan bersholawat juga menjadi wasilah untuk dijadikan wasilah kesembuhan untuk orang yang sedang sakit.

Doa untuk orang sakit dengan sholawat tibbil qulub bisa kita lakukan dengan membaca sholawat menyerupai di atas sebanyak 10 kali sambil menyentuh potongan tubuh yang sakit.

Perlu diingat, menyentuh tubuh orang yang sakit hanya bisa dilakukan bagi yang muhrim.

4. Doa untuk Orang Sakit Parah


ilustrasi doa via informazone.com

Ketika ada keluarga atau sanak saudara yang sedang mengalami sakit parah hingga dokter tidak bisa mengatasinya. Lebih baiknya kita mendo’akan keluarga tersebut guna memohon kesembuhan dari Allah SWT.

5. Doa untuk Orang Sakit Secara Umum

Letakkan tangan di potongan tubuh yang dirasa sakit kemudian ucapkan tiga kali :

بِسْمِ اللهِ

Dan ucapkan tujuh kali kalimat :


أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya :
“Aku berlindung kepada keagungan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan yang saya rasakan dan saya hindari.”

6. Doa untuk Orang Sakit Demam atau Sakit Kepada

ilustrasi doa via doaniatsholat.blogspot.com

Dan dianjurkan juga bagi penderita supaya membaca al-Faatihah dan Qul Huawallaahu Ahad serta al-Mu’awwidzatin (an-Falaq dan an-Naas) untuk dirinya sendiri, dan meniupkan pada kedua tangannya dan kemudian mengusapkan ke tubuhnya, dengan memanjatkan do’a saat tertimpa bencana.

7. Doa untuk Orang Sakit Mata (Belekan dan Iritasi)

ilustrasi doa via informazone.com

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah kenikmatan kepadaku melalui indera pendengaran dan penglihatanku. Dan limpahkan pula hal tersebut kepada penerusku, perlihatkan kepadaku penuntutan balas terhadap musuh serta tolonglah saya dalam mengalahkan orang yang berbuat zalim kepadaku”

Atau bisa juga dengan malakukan menyerupai yang dilakukan oleh Abudllah bin Mas’ud ra. Dia menyampaikan kepada istrinya, Zinab yang tengah sakit mata, “kalau saja engkau melaksanakan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, tentu akan baik akhirnya dan lebih bisa diperlukan bisa menyembuhkan sakit matamu.

Celupkanlah tangan dalam air ke pada mata anda, sehabis itu bacalah doa berikut ini :

ilustrasi doa via informazone.com

Artinya :
“Ya Allah, Rabb umat manusia, lenyapkanlah penyakit, dan sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tiada kesembuhan kecuali hanya kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tiada meninggalkan satu penyakit pun.”

8. Doa untuk Orang Sakit Lidah

Orang yang suka bicara jelek dan tidak bermanfaat sama sekali dikategorikan sebagai orang yang sakit hati. Namun demikian, penyakit ini bisa disembuhkan melalui doa yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa saallam

Dari Hudzaifah ra., dia bercerita, saya pernah mengeluh kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam perihal keburukan lidahku, maka berliau bersabda.

ilustrasi doa via informazone.com

Artinya:
“Di mana posisimu dari istigfar (memohon ampunan) Sesungguhnya saya senantiasa beristigfar kepada Allah Azza wa Jalla seratus kai setiap hari”
(HR. Ahmad)

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

ilustrasi menjenguk orang sakit via republika.co.id

Telah tiba dalam banyak nash perihal keutamaan menjenguk orang sakit dan besarnya pahala di sisi Allah. Imam Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, dari Tsauban maula Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَائِدُ الْمَرِيْضِ فِيْ مَخْرَفَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ،

“Orang yang menjenguk orang sakit berada dalam taman buah di nirwana hingga dia pulang.”

Dalam riwayat lain,

مَنْ عَادَ مَرِيْضًا لَمْ يَزَلْ فِيْ خُرْفَةِ الْجَنَّةِ، قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ! وَمَا خُرْفَةُ الْجَنَّةِ؟ قَالَ جَنَاهَا،

“Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka dia terus menerus berada dalam Khurfatul Jannah, di tanyakan, “Wahai Rasulullah, Apa itu Khurfatul Jannah?” Beliau bersabda, “Buah nirwana yang siap dipetik.”

Begitu jelas, sungguh mulia dan begitu besar pahala seorang muslim yang memenuhi hak saudaranya yang sedang sakit. Namun perlu kita landasi semenjak awal didalam hati dan juga niat yang ikhlas semata-mata sebab Allah SWT dan Rasul-Nya.

Agar doa kita diperkenankan Allah, juga saudara kita yang sakit segera mendapat kesembuhan dari Allah. Semoga kita semua selalu dalam rahmat dan lindungan-Nya.

Demikian artikel perihal mendoakan orang sakit. Semoga dengan mendoakan orang lain yang sedang sakit kita jadi lebih bisa menjaga silaturahim serta mempunyai rasa perduli yang besar terhadap saudara saudari atau bahkan teman-teman bersahabat sesama umat Muslim yang sedang sakit.

Ingatlah pula bawasannya hakikat sakit dan hakikat kesembuhan itu dari Allah Swt. Berdoalah kepada Allah, dan perbanyak untuk mengingat Allah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber http://www.wajibbaca.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close