Jangan Lupa Besok Rabu Wekasan, Begini Tawaran Ustadz Abdul Somad Dikala Ziarah Di Hari Rabu Trakhir Bulan Safar


Sumber gambar youtube/nasihatislamchannel

Diperbolehkan saja berdoa pada hari rabu wekasan apalagi denga melaksanakan ziarah kubur,

Perlu diingat pesan ustadz somad yang hendak melaksanakan ziarah, jangan hingga salah membaca doa.


Rebo Pungkasan ialah nama hari Rabu terakhir di bulan Safar pada Kalender lunar versi Jawa.

Pada hari ini biasanya dimulainya rangkaian Upacara Adat Safaran yang nanti akan berakhir di Jumat Kliwon bulan Maulid (Mulud).

Diyakini pula, Allah akan menurunkan ribuan petaka menyerupai bencana, penyakit, dan sebagainya tiap hari Rabu terakhir bulan Safar.

Oleh alasannya ialah itu, di hari Arba Mustakmir ini kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah supaya dihindarkan dari segala petaka.

Ada juga sebagian umat Islam di Indonesia di hari Arba Musta’mir itu melaksanakan ziarah kubur dan salat sunah dua rakaat.

Baca juga : Ustadz Abdul Somad Sebelum Menjadi Penceramah Kondang, Pernah Bekerja Makara Tukang Bagi-bagi Nasi

Rabu Wekasan di Gunakan Untuk Ziarah Kubur, Begini Ustadz Somad Menganjurkan

Apakah Rabu Wekasan dibolehkan atau tidak dalam Islam dan bagaimana hukumnya?

“Ziarah kubur di hari Rabu terakhir bulan Safar, boleh tidak? Ziarah kuburnya boleh, elok saja itu. Lalu berdoa memohon kepada Allah supaya kita dihindarkan dari segala musibah, ini juga boleh,” terang Ustadz Abdul Somad.

Sementara terkait keyakinan Allah menurunkan ribuan petaka di hari Rabu terakhir Safar atau Arba Musta’mir, menurutnya itu tak ada haditsnya.

“Itu berdasarkan para ulama tasawuf, mereka sanggup itu dari pandangan gres bukan dari hadits Nabi Muhammad, tapi jikalau mau berdoa meminta dihindarkan dari musibah, silakan saja. Mau berdoa sambil bertawasul kepada wali-wali Allah juga boleh,” katanya.

Bertawasul ialah menggunakan atau menyebutkan nama para wali itu ketika berdoa dengan keinginan Allah akan mengabulkan doa kita berkat kemuliaan para wali Allah tersebut.

“Misalnya bertawasul dengan Wali Songo. Saat berdoa bilangnya begini: Ya Allah, berkat kemuliaan para wali-Mu ini, saya memohon kepada-Mu, dan seterusnya. Kalau ini boleh,” ujarnya.

Berikut video ceramah UAS perihal Rabu Wekasan atau Arba Mustakmir:


Sumber http://www.wajibbaca.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close