
Image from wordprees.com
Anggapan bahwa banyaknya bencana, orang meninggal dll oleh kalangan orang disangkut pautkan dengan bulan Safar, lantaran mereka meyakini bahwa bulan safar yakni bulan penuh sial.
Mitos atau fakta? Berikut ayat Al Qur'an yang menjelaskan perihal istimewanya bulan Safar
Sebagian berkeyakinan bahwa bulan Safar bulan yang ke-2 tahun Hijriah yakni bulan sial, bulan penuh balaโ, sehingga banyak ijab kabul dan program bepergian serta aktifitas lainnya digagalkan, hal ini menurut sebuah keyakinan bahwa tiap hari Rabu terakhir dari bulan Shafar diturunkan 320.000 bala'.
Bahkan ada yang membuatkan hadits palsu tentan bulan Shafar, diantaranya;
ู
ู ุจุดุฑูู ุจุฎุฑูุฌ ุตูุฑ ุจุดุฑุชู ุจุงูุฌูุฉ
Artinya: โBarangsiapa yang bergembira dengan keluarnya bulan Shafar maka saya akan berikan kabar besar hati dengan surgaโ.
Ini hadits dinilai palsu oleh Al โIraqi di dalam Al Fawaid Al Majmuโah fil Ahadits Al Mauduโah, Ash Shaghani di dalam kitab Al Maudhuโat dan Muhammad bin Khalil Ath Tharablisi di dalam kitab Al Luโluโ Al Marshuโ.
Apakah benar keyakinan menyerupai ini?!?
1. Seorang muslim meyakini dengan seyakin-yakinnya, tidak ada keraguan sedikitpun; bahwa tidak ada yang Mencipta, Mengatur dan Berkuasa kecuali Allah semata. Oleh alasannya yakni inilah, semua yang terjadi di alam semesta ini yakni dengan izin dan kehendak Allah Taโala semata tiada sekutu baginya.
ู
ูุง ุฃูุตูุงุจู ู
ููู ู
ูุตููุจูุฉู ุฅููููุง ุจูุฅูุฐููู ุงูููููู ููู
ููู ููุคูู
ููู ุจูุงูููููู ููููุฏู ููููุจููู ููุงูููููู ุจูููููู ุดูููุกู ุนููููู
ู [ุงูุชุบุงุจู : 11]
Abdullah bin Abbas radhiyallahu โanhuma berkata:
ุจุฃู
ุฑ ุงูููุ ูุนูู: ุนู ูุฏุฑู ูู
ุดูุฆุชู.
Faidah sangat bermanfaat dari Ibnu Katsir rahimahullah, dia berkata:
{ ููู
ููู ููุคูู
ููู ุจูุงูููููู ููููุฏู ููููุจููู ููุงูููููู ุจูููููู ุดูููุกู ุนููููู
ู } ุฃู: ูู
ู ุฃุตุงุจุชู ู
ุตูุจุฉ ูุนูู
ุฃููุง ุจูุถุงุก ุงููู ููุฏุฑูุ ูุตุจุฑ ูุงุญุชุณุจ ูุงุณุชุณูู
ููุถุงุก ุงูููุ ูุฏู ุงููู ููุจูุ ูุนููููุถู ุนู
ุง ูุงุชู ู
ู ุงูุฏููุง ููุฏู ูู ููุจูุ ูููููุง ุตุงุฏููุงุ ููุฏ ูุฎูู ุนููู ู
ุง ูุงู ุฃุฎุฐ ู
ููุ ุฃู ุฎูุฑูุง ู
ูู.
- Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya
- dan Dia akan menggantikan apa yang telah hilang darinya dari perkara dunia
- petunjuk di dalam hatinya.
- Keyakinan yang benar
- Dan terkadang Allah menggantikan apa yang telah diambil darinya (akibat peristiwa alam tersebut)
- Atau (bahkan) dengan yang lebih baik!.โ Lihat kitab tafsir Ibnu katsir rahimahullah.
2. Seorang muslim meyakini bahwa semua makhluk sudah ditakdirkan Allah Taโala dan takdirnya dituliskan di Al Lauh Al Mahfuzh.
ู
ูุง ุฃูุตูุงุจู ู
ููู ู
ูุตููุจูุฉู ููู ุงููุฃูุฑูุถู ููููุง ููู ุฃูููููุณูููู
ู ุฅููููุง ููู ููุชูุงุจู ู
ููู ููุจููู ุฃููู ููุจูุฑูุฃูููุง ุฅูููู ุฐููููู ุนูููู ุงูููููู ููุณููุฑู
Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam;
ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูู
ูุฑูู ุจููู ุงููุนูุงุตู ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง ููุงูู ุณูู
ูุนูุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููููููู ยซ ููุชูุจู ุงูููููู ู
ูููุงุฏููุฑู ุงููุฎููุงูุฆููู ููุจููู ุฃููู ููุฎููููู ุงูุณููู
ูููุงุชู ููุงูุฃูุฑูุถู ุจูุฎูู
ูุณูููู ุฃููููู ุณูููุฉูยป.
ููุงูู ุนูุจูุงุฏูุฉู ุจููู ุงูุตููุงู
ูุชู ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุงูุจููููู ููุง ุจูููููู ุฅูููููู ูููู ุชูุฌูุฏู ุทูุนูู
ู ุญููููููุฉู ุงูุฅููู
ูุงูู ุญูุชููู ุชูุนูููู
ู ุฃูููู ู
ูุง ุฃูุตูุงุจููู ููู
ู ูููููู ููููุฎูุทูุฆููู ููู
ูุง ุฃูุฎูุทูุฃููู ููู
ู ูููููู ููููุตููุจููู ุณูู
ูุนูุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููููููู ยซ ุฅูููู ุฃูููููู ู
ูุง ุฎููููู ุงูููููู ุงููููููู
ู ููููุงูู ูููู ุงููุชูุจู. ููุงูู ุฑูุจูู ููู
ูุงุฐูุง ุฃูููุชูุจู ููุงูู ุงููุชูุจู ู
ูููุงุฏููุฑู ููููู ุดูููุกู ุญูุชููู ุชููููู
ู ุงูุณููุงุนูุฉู ยป. ููุง ุจูููููู ุฅููููู ุณูู
ูุนูุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููููููู ยซ ู
ููู ู
ูุงุชู ุนูููู ุบูููุฑู ููุฐูุง ููููููุณู ู
ููููู ยป.
3. Keyakinan Thiyarah adalah kebiasaan Arab Jahiliyyah dan bertentangan dengan agama Islam, lantaran sanggup menghantarkan kepada kesyirikan yaitu meyakini ada yang mengatur, mencipta dan berkuasa selain Allah.
Thiyarah yakni merasa bernasib sial lantaran melihat atau mendengar sesuatu.
Perhatikan asal muasal keyakinan thiyarah yang dilakukan orang Arab Jahiliyyah, berkata Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah:
ูุฃุตู ูุฐุง ุฃููู
ูุงููุง ูุฒุฌุฑูู ุงูุทูุฑ ูุงููุญุด ููุซูุฑูููุง ูู
ุง ุชูุงู
ู ู
ููุง ูุฃุฎุฐ ุฐุงุช ุงููู
ูู ุณู
ูู ุณุงูุญุง ูู
ุง ุชูุงุณุฑ ู
ููุง ุณู
ูู ุจุงุฑุญุง ูู
ุง ุงุณุชูุจููู
ู
ููุง ููู ุงููุงุทุญ ูู
ุง ุฌุงุกูู
ู
ู ุฎูููู
ุณู
ูู ุงููุนูุฏ ูู
ู ุงูุนุฑุจ ู
ู ูุชุดุงุกู
ุจุงูุจุงุฑุญ ููุชุจุฑู ุจุงูุณุงูุญ ูู
ููู
ู
ู ูุฑู ุฎูุงู ุฐูู
- kapan dia pergi ke kanan dan menuju arah kanan maka mereka menamakannya As Sanih
- dan kapan pergi ke kiri dan mengambil arah kiri maka mereka menamakannya Al Barih.
- Dan apa yang tiba dari depan maka dinamakan An Natih,
- dan apa yang tiba dari belakang mereka namakan Al Qaโid,
maka sebagian orang Arab ada yang pesimis dengan burung Al Barih dan mengambil berkah dengan As Sanih dan diantara mereka ada yang beropini sebaliknya.โ Lihat kitab Miftah Dar As Saโadah.
Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam telah meniadakan keyakinan thiyarah dan semisalnya;
ุนู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุงูู: ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุง ุนูุฏูููู ููููุง ุทูููุฑูุฉู ููููุง ููุงู
ูุฉู ููููุง ุตูููุฑู ููููุฑูู ู
ููู ุงููู
ูุฌูุฐููู
ู ููู
ูุง ุชูููุฑูู ู
ููู ุงููุฃูุณูุฏู. ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ู ู
ุณูู
'Adwa artinya: keyakinan penularan penyakit dengan sendirinya tanpa kehendak dan takdir Allah Ta'ala.
Thiyarah artinya: merasa bernasib sial lantaran melihat burung, hewan atau apapun
Hamma hartinya: keyakinan jikalau burung hantu hinggap di atas rumah maka akan ada yang mati
Shofar artinya: keyakinan bahwa bulan Shofar yakni bulan sial dan tidak menguntungkan
Maksud dari hadits shahih di atas yakni pembatalan semua keyakinan yang menyatakan bahwa ada imbas jelek yang timbul tanpa kehendak dan izin dari Allah taโala.
Ibnu Qayyim Al Jauziyyah berkata:
ููุฐุง ูุญุชู
ู ุฃู ูููู ูููุง ูุฃู ูููู ูููุง ุฃู ูุง ุชุทูุฑูุง ูููู ูููู ูู ุงูุญุฏูุซ ููุง ุนุฏูู ููุง ุตูุฑ ููุง ูุงู
ุฉ ูุฏู ุนูู ุฃู ุงูู
ุฑุงุฏ ุงูููู ูุฅุจุทุงู ูุฐู ุงูุฃู
ูุฑ ุงูุชู ูุงูุช ุงูุฌุงูููุฉ ุชุนุงูููุง ูุงูููู ูู ูุฐุง ุฃุจูุบ ู
ู ุงูููู ูุฃู ุงูููู ูุฏู ุนูู ุจุทูุงู ุฐูู ูุนุฏู
ุชุฃุซูุฑู ูุงูููู ุฅูู
ุง ูุฏู ุนูู ุงูู
ูุน ู
ูู
Baca Juga :
- Menguak Fakta "Istana Dajjal" yang Isunya Sudah Berdiri Megah di Madinah
- Memang Gairah Nafsu Wanita 9 Kali Lebih Dahsyat dari Pria, Tapi Pria Justru Punya ini
4. Kenapa Thiyarah dikategorikan sebagai kesyirikan:
Nabi Muhammad shallallahu โalaihi wasallam menyatakan:
ุงูุทููููุฑูุฉู ุดูุฑููู ุงูุทููููุฑูุฉู ุดูุฑููู.
Kenapa sanggup demikian?
Kenapa meyakini bahwa bulan shafar yakni bulan sial dan panas maka tidak dikerjakan segala macam hajat dan rencana, ini termasuk kesyirikan?
Kenapa meyakini beberapa mitos pamali, kualat, merasa bernasib sial dengan melihat sesuatu atau mendengar sesuatu, ini termasuk kesyirikan?
Jawaban semua pertanyaan di atas adalah: Karena Allah-lah satu-satu-Nya Yang Mengatur, Mencipta, Berkuasa.
Semua yang terjadi tidak ada yang keluar dari kehendak-Nya dan ciptaan-Nya. Maka jikalau ada keyakinan bahwa ada yang mengatur, mencipta dan berkuasa selain Allah, disinilah letak kesyirikannya.
Yaitu dengan MENYAMAKAN SELAIN ALLAH DENGAN ALLAH TAโALA DI DALAM PERKARA YANG KHUSUS MILIK ALLAH TAโALA, dalam hal ini pengaturan, penciptaan dan kekuasaan.
Allah taโala berfirman:
{ ูููู ู
ููู ููุฑูุฒูููููู
ู ู
ููู ุงูุณููู
ูุงุกู ููุงููุฃูุฑูุถู ุฃูู
ูููู ููู
ููููู ุงูุณููู
ูุนู ููุงููุฃูุจูุตูุงุฑู ููู
ููู ููุฎูุฑูุฌู ุงููุญูููู ู
ููู ุงููู
ููููุชู ููููุฎูุฑูุฌู ุงููู
ููููุชู ู
ููู ุงููุญูููู ููู
ููู ููุฏูุจููุฑู ุงููุฃูู
ูุฑู ููุณููููููููููู ุงูููููู ูููููู ุฃูููููุง ุชูุชููููููู (31) ููุฐูููููู
ู ุงูููููู ุฑูุจููููู
ู ุงููุญูููู ููู
ูุงุฐูุง ุจูุนูุฏู ุงููุญูููู ุฅููููุง ุงูุถููููุงูู ููุฃููููู ุชูุตูุฑูููููู (32) ููุฐููููู ุญููููุชู ููููู
ูุชู ุฑูุจูููู ุนูููู ุงูููุฐูููู ููุณููููุง ุฃููููููู
ู ููุง ููุคูู
ูููููู (33)} [ูููุณ: 31 - 33]
Artinya: โKatakanlah: "Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) telinga dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Maka katakanlah: "Mengapa kau tidak bertakwa (kepada-Nya)?.โ โMaka (Zat yang demikian) itulah Allah Rabb kau yang sebenarnya; maka tidak ada setelah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka bagaimanakah kau dipalingkan (dari kebenaran)?.โโDemikianlah telah tetap eksekusi Rabbmu terhadap orang-orang yang fasik, lantaran sesungguhnya mereka tidak beriman.โ โKatakanlah: "Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yang sanggup memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali?" katakanlah: "Allah-lah yang memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali; maka bagaimanakah kau dipalingkan (kepada menyembah yang selain Allah)?." (QS. Yunus 31-33).
{ุฅูููู ุฑูุจููููู
ู ุงูููููู ุงูููุฐูู ุฎููููู ุงูุณููู
ูุงููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ููู ุณูุชููุฉู ุฃููููุงู
ู ุซูู
ูู ุงุณูุชูููู ุนูููู ุงููุนูุฑูุดู ููุบูุดูู ุงูููููููู ุงููููููุงุฑู ููุทูููุจููู ุญูุซููุซูุง ููุงูุดููู
ูุณู ููุงููููู
ูุฑู ููุงููููุฌููู
ู ู
ูุณูุฎููุฑูุงุชู ุจูุฃูู
ูุฑููู ุฃูููุง ูููู ุงููุฎููููู ููุงููุฃูู
ูุฑู ุชูุจูุงุฑููู ุงูููููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู
ูููู} [ุงูุฃุนุฑุงู: 54]
{ุฃูู
ูููู ููุจูุฏูุฃู ุงููุฎููููู ุซูู
ูู ููุนููุฏููู ููู
ููู ููุฑูุฒูููููู
ู ู
ููู ุงูุณููู
ูุงุกู ููุงููุฃูุฑูุถู ุฃูุฅููููู ู
ูุนู ุงูููููู ูููู ููุงุชููุง ุจูุฑูููุงููููู
ู ุฅููู ููููุชูู
ู ุตูุงุฏูููููู} [ุงููู
ู: 64]
ูููููู ุฎูุงูููู ููููู ุดูููุกู ูููููู ุนูููู ููููู ุดูููุกู ููููููู (62) ูููู ู
ูููุงูููุฏู ุงูุณููู
ูุงููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ููุงูููุฐูููู ููููุฑููุง ุจูุขููุงุชู ุงูููููู ุฃููููุฆููู ููู
ู ุงููุฎูุงุณูุฑูููู (63)} [ุงูุฒู
ุฑ: 62ุ 63]
{ููุงุทูุฑู ุงูุณููู
ูุงููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ุฌูุนููู ููููู
ู ู
ููู ุฃูููููุณูููู
ู ุฃูุฒูููุงุฌูุง ููู
ููู ุงููุฃูููุนูุงู
ู ุฃูุฒูููุงุฌูุง ููุฐูุฑูุคูููู
ู ููููู ููููุณู ููู
ูุซููููู ุดูููุกู ูููููู ุงูุณููู
ููุนู ุงููุจูุตููุฑู (11) ูููู ู
ูููุงูููุฏู ุงูุณููู
ูุงููุงุชู ููุงููุฃูุฑูุถู ููุจูุณูุทู ุงูุฑููุฒููู ููู
ููู ููุดูุงุกู ููููููุฏูุฑู ุฅูููููู ุจูููููู ุดูููุกู ุนููููู
ู (12)} [ุงูุดูุฑู: 11ุ 12]
5. Obat Nabawi untuk perasaan bernasib sial, pesimis, kualat, pamali dan semisalnya.
Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam sudah menyatakan bahwa tidak ada diantara kita melainkan terhinggap perasaan pesimis lantaran sesuatu atau merasa bernasib sial lantaran mendengar atau melihat sesuatu, dia bersabda:
ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ู
ูุณูุนููุฏู ุฑุถู ุงููู ุนูู ุนููู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููุงูู ยซ ุงูุทููููุฑูุฉู ุดูุฑููู ุงูุทููููุฑูุฉู ุดูุฑููู ยป. ุซููุงูุซูุง ยซ ููู
ูุง ู
ููููุง ุฅููุงูู ููููููููู ุงูููููู ููุฐูููุจููู ุจูุงูุชููููููููู ยป.
Nah lantaran inilah, Nabi Muhammad shallallahu โalaihi wasallam telah menawarkan solusi untuk penyakit keyakinan yang keliru ini, maka jikalau ada perasaan menyerupai ini, kita harus;
1. Melawan perasaan tersebut dengan melaksanakan apa yang sudah direncanakan kemudian bersandar diri kepada Allah Taโala.
Perhatikan beberapa hadits berikut:
ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ู
ูุณูุนููุฏู ุฑุถู ุงููู ุนูู ุนููู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููุงูู ยซ ููู
ูุง ู
ููููุง ุฅููุงูู ููููููููู ุงูููููู ููุฐูููุจููู ุจูุงูุชููููููููู ยป.
Di dalam hadits ini Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam menyatakan bahwa perasaan bernasib sial akan hilang dengan bersandar diri kepada Allah.
ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูู
ูุฑูู ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ยซ ู
ููู ุฑูุฏููุชููู ุงูุทููููุฑูุฉู ู
ููู ุญูุงุฌูุฉู ููููุฏู ุฃูุดูุฑููู ยป.
Di dalam hadits ini Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam menyatakan bahwa yang tidak jadi melaksanakan aktifitasnya gara-gara merasa kualat, pesimis, pamali maka sungguh dia telah berbuat syirik.
Dan pemahaman kebalikan dari ini yakni barangsiapa yang melaksanakan aktifitasnya meskipun ada perasaan itu maka bukanlah dia termasuk syirik.
2. Menumbuh perasaan optimis dan perasangka baik di dalam diri, diantaranya dengan mengucapkan perkataan yang baik-baik jauh dari pesimisme.
ุนู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุงูู ุณูู
ูุนูุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููููููู ยซ ูุงู ุทูููุฑูุฉู ุ ููุฎูููุฑูููุง ุงููููุฃููู ยป . ููุงูููุง ููู
ูุง ุงููููุฃููู ููุงูู ยซ ุงููููููู
ูุฉู ุงูุตููุงููุญูุฉู ููุณูู
ูุนูููุง ุฃูุญูุฏูููู
ู ยป .
ุนููู ุฃูููุณู - ุฑุถู ุงููู ุนูู - ุนููู ุงููููุจูููู - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููุงูู ยซ ูุงู ุนูุฏูููู ูููุงู ุทูููุฑูุฉู ุ ููููุนูุฌูุจูููู ุงููููุฃููู ุงูุตููุงููุญู ุ ุงููููููู
ูุฉู ุงููุญูุณูููุฉูยป .
ุนูู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ยซ ูุงู ุนูุฏูููู ูููุงู ุทูููุฑูุฉู ููุฃูุญูุจูู ุงููููุฃููู ุงูุตููุงููุญู ยป.
3. Berdoa menyerupai yang diajarkan Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam.
ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูู
ูุฑูู ุฑุถู ุงููู ุนููู
ุง ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ยซ ู
ููู ุฑูุฏููุชููู ุงูุทููููุฑูุฉู ู
ููู ุญูุงุฌูุฉู ููููุฏู ุฃูุดูุฑููู ยป. ููุงูููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ู
ูุง ูููููุงุฑูุฉู ุฐููููู ููุงูู ยซ ุฃููู ููููููู ุฃูุญูุฏูููู
ู ุงููููููู
ูู ูุงู ุฎูููุฑู ุฅููุงูู ุฎูููุฑููู ูููุงู ุทูููุฑู ุฅููุงูู ุทูููุฑููู ูููุงู ุฅููููู ุบูููุฑููู ยป.
Artinya: โAbdullah bin โAmr radhiyallahu โanhuma berkata: โRasulullah shallallahu โalaihi wasallam bersabda: โBarangsiapa yang dipalingkan dari keperluannya oleh perasaan bernasib sial maka sungguh dia telah berbuat syirik.โ Para shahabat bertanya: โWahai Rasulullah, apa penebus perasaan ituโ, dia menjawab: โSalah seorang dari kalian mengucapakan: โAllahumma laa khaira illa khairuka wa laa thaira illa thairuka wa laa ilaaha ghairukaโ (Wahai Allah, tidak ada kebaikan melainkan kebaikan-Mu, tidak ada kesialan kecuali kesialan yang engkau takdirkan dan tidak ada sembahan selain-Mu).โ HR Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah, no. 1065.
Wallahu a'lam
Sumber http://www.wajibbaca.com
Buat lebih berguna, kongsi: