Assalmu'alaikum War. Wab.
Ada seorang anak laki laki di tetangga bersahabat saya sebut saja berjulukan si A . Dimana A ini semenjak dilahirnya zakarnya sudah terbuka sebagaimana zakar orang pandai balig cukup akal terkhitan (tersunat). Adapun si A itu ketika ini sudah berumur 17 tahun dan tidak di khitan (disunat) oleh orang tuanya.
DAFTAR ISI
- Terkhitan Sejak Lahir, Haruskah Disunat?
- Nama Bayi Arti Kata Al-Fathan
- Cara Meminta Maaf pada Ibu yang Wafat
- Shalat Berjamaah di Rumah untuk Mendidik Anak Shalat
TERKHITAN SEJAK LAHIR, HARUSKAH DISUNAT LAGI
Sepanjang pengetahuan saya berdasarkan yang pernah saya dengar dari seorang muballigh dalam salah satu riwayat Nabi Muhammad SAW. bahwa Beliaulah dilahirkan dalam keadaan sudah terkhitan .
Kemudian yang ingin saya tanyakan :
1. Masih perlukah anak berjulukan si A itu di khitan (disunat) ?
2. Kalau masih perlu dikhitan , kemudian bagaimana dan dibagian mana yang harus dipotong
dari zakar si A itu ?
3. Apakah hanya terdapat khusus pada Nabi Muhammad SAW. saja insan yang lahir
dalam keadaan terkhitan ?
Dalam hal ini kami mohon klarifikasi dari Pengasuh Tanya Jawab dengan segala dalilnya.
Wassalamu 'alaikum War. Wab.
Sunargi Akib
JAWABAN
Apabila seorang pria terlahir sudah terkhitan yakni tidak ada lagi qulfah (kolob) atau kelebihan kulit pada kemaluannya, maka itu dianggap sudah cukup dan tidak perlu disunat lagi. Ini ialah janji ulama yang mewajibkan khitan (sunat).
Zakariya Al-Anshari dalam Hasyiah al Jamal menyatakan:
لو ولد مختوناً فلا ختان.. أي لا إيجابا، ولا استحباباً، وهو مذهب المالكية، ونقل في حاشية العدوي عن بعض الشراح: الذي يظهر ترجيح القول بأنه لا يمر عليه الموسى، وهو مذهب الحنابلة، قال الميموني قال لي أحمد: إن ها هنا رجلاً ولد له ولد مختون، فاغتم لذلك غما شديداً، فقلت له إذا كان الله كفاك المؤنة، فما غمك بهذا؟!
Arti ringkasan: Apabila anak terlahir dalam keadaan terkhitan maka tidak wajib dan tidak sunnah dikhitan lagi.Muhammad bin Bushair dalam kitab Asnal Masalik menyatakan:
لو ولد مختوناً أجزأه
Tidak wajibnya khitan tersebut kalau memang qulfa atau kelebihan kulit yang menutupi kepala zakar itu betul-betul tidak ada. Kalau masih ada, maka harus dihilangkan.
***
Secara umum, aturan khitan berdasarkan ulama fiqih madzhab empat ada dua pendapat yaitu sunnah dan wajib.
Khitan itu sunnah
Ini ialah pendapat madzhab Hanafi, Maliki dan sebagian pendapat ulama madzhab Syafi'i.
Dalil yang mendasari pendapat ini antara lain ialah hadits dhaif riwayat Ahmad:
الختان سنة للرجال، مكرمة للنساء
Artinya: Khitan itu sunnah bagi laki-laki, dan sunnah bagi perempuan.
- Hadits sahih riwayat Bukhari Muslim (muttafaq alaih)
الفطرة خمس: الختان، والاستحداد، وقص الشارب، وتقليم الأظفار، ونتف الآباط
Artinya: Sunnah itu ada lima: khitan, memotong bulu kemaluan, potong kumis, potong kuku, mencabut bulu ketiak.
Khitan itu wajib
Yaitu pendapat yang masyhur dari madzhab Syafi'i dan Hanbali. Dasarnya ialah sbb:
- Nabi Ibrahim diperintahkan berkhitan pada usia 80 tahun. Sedang umat Islam diperintahkan untuk mengikuti agama Ibrahim ibarat tersebut dalam QS An Nahl 123.
- Hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim
اختتن إبراهيم - عليه السلام - وهو ابن ثمانين سنة بالقدوم
Artinya: Nabi Ibrahim berkhitan dengan kampak pada usia 80 tahun.
- Qulfah atau kelebihan kulit pada kemaluan pria yang tidak sunat itu menyimpan najis. Padahal suci dari najis ialah syarat sahnya shalat wajib 5 waktu.
_____________________________________________________
NAMA BAYI: ARTI KATA AL-FATHAN
Aslkm Wr.Wb
Saya mau menanyakan ustad, Saya memperlihatkan nama anak saya Alfathan, yang saya tau nama arti tersebut ialah kemenangan, tapi ada beberapa sahabat menyampaikan bahwa jangan ditambahkan Al didepannya alasannya ialah tidak memiliki arti apa2 dalam islam, apakah demikian? atau ada arti yang lain?
Mohon pencerahannya.
Best Regards,
YANUAR.A
JAWABAN
Kata Fathan kalau dalam teks Arabnya ditulis dengan فتحان itu tidak ada dalam kosakata bahasa Arab. Yang ada ialah kalau ditulis dengan tanwin فتحًا dalam keadaan i'rab nashab yang merupakan bentuk masdar (verbal noun) dari akar kata fa ta ha [فتح]. Apabila demikian, maka memang tidak sanggup diberi al (alif lam) di awalnya. Karena ketika diberi awalan al, maka dihentikan diberi tanwin dan menjadi al-fath (الفتح).
Intinya, Anda boleh saja tetap menggunakan nama Al-Fathan. Akan tetapi secara gramatika bahasa Arab, kata tersebut tidak ada dalam daftar kosa kata. Yang ada ialah Al-Fath.
Kata Fathan dengan simpulan abjad nun sepertinya berasal dari bahasa Persia (Iran) alasannya ialah menjadi salah satu nama seorang ulama kelahiran Baghdad yang berjulukan Al-Mubarak bin Al Hasan bin Ahmad bin Ali bin Fathan (المبارك بن الحسن بن أحمد بن على بن فتحان). Namun dalam bahasa Persia pun yang mengandung makna penakluk/pemenang ialah Fatihan (فاتحان)
______________________________________________________________
IBU WAFAT, BAGAIMANA CARA MEMINTA MAAF
klu sebagai anak yang tidak sempat membalas jasa ibu, sewaktu hayat ibu dia berkelakuan kurang latih terhadap ibu.tetapi bila ibu sudah pergi gres dia sedar wacana dosanya.pada masa itu dia di alam remaja dan pendidikan agama sangat kurang.bila dia sedar dia telah bertaubat..adakah dia tetap menjadi anak durhaka?
ibunya pernah berkata semua dosa anak-anaknya di ampunkan semasa hayatnya.saya nak tahu apakah status anak wanita ini samada dia tetap anak durhaka?dia menciptakan upah haji untuk arwah,dan sedekahkan semua pahala amalannya adakah itu cukup atau dia masih juga menerima dosa durhaka pada ibunya.semasa hayat ibunya,dia memang rapat dengan ibunya,cuma dia selalu menyakiti hati ibunya.
Fazlina Lee
JAWABAN
Seorang anak selalu sanggup membalas jasa ibu walaupun ia sudah wafat atau meninggal. Yaitu dengan (a) melaksanakan perbuatan yang disenangi oleh ibu ketika ibu masih hidup yang sesuai dengan syariah Islam; dan (b) sempatkan waktu untuk berzakat shalih ibarat sedekah dan doa yang dikhususkan untuk ibu. Maka ibu akan sangat suka alasannya ialah amal itu akan hingga pada beliau. Nabi bersabda dalam sebuah hadits sahih riwayat Muslim:
إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له
Artinya: Apabila anak Adam mati, maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara: sadaah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak salih yang mendoakannya.
Dosa insan ada 2 (dua) yaitu dosa kepada Allah dan dosa kepada sesama manusia. Kalau dosa kepada sesama insan yaitu ibu sudah dimaafkan oleh beliau, maka Anda tinggal meminta maaf atau bertaubat kepada Allah atas dosa-dosa yang Anda lakukan kepada ibu dengan taubat nasuha.
_____________________________________________________
SHALAT BERJAMAAH DI RUMAH UNTUK MENDIDIK ANAK SHALAT
Assalamualaikum. Ustad
saya seorang ayah dari dua anak Laki laki umur 6 setengah tahun dan perempuan
umur 4 setengah tahu. saya mau bertanya..
Hukumnya sholat berjamaah di rumah bagi laki laki ibarat saya.
1. Yang pertama ibu mertua menginginkan saya supaya kalau mabrib sanggup berjamaah di rumah.
2. Yang ke dua saya ingin mengajari anak anak saya sholat karna kalau saya tak sholat bersama mereka , mereka cenderung malas untuk sholat.
3. Yang ketiga sehabis sholat biasanya saya eksklusif mengajari mereka mengaji.
Sedangkan yang saya tau beberapa ulama mengajarkan semoga sholat berjamaah di masjid , ada yg mensunahkan berjamaah di masjid, ada yg menyampaikan fardu kifayah, ada yang menyampaikan fardu ain.
untuk waktu dhuhur, ashar dan subuh saya jamaah ke masjid, khusus magrib dan isyak karna habis sholat saya ajari mereka mengaji, saya slalu sholat jamaah di rumah.
bagai mana hukumnya dengan masalah saya ini ?
Wasalamualaikum.
JAWABAN
Nabi bersabda dalam hadits riwayat Abu Dawud
Artinya: Barangsiapa yang mendengar panggilan adzan kemudian tidak tiba (ke masjid) maka tidak ada shalat baginya kecuali bagi yang udzur.
Hadits ini digunakan oleh sebagian ulama sebagai dalil bahwa shalat berjamaah itu fardhu ain. Sebagian lain menyatakan fardhu kifayah. Madzhab Syafi'i umumnya menyatakan sunnah muakkad (sangat dianjurkan).
Namun, Imam Nawawi dalam kitab Minhajut Talibin menguraikan perbedaan pendapat di kalangan ulama madzhab Syafi'i sbb:
Artinya: Shalat berjamaah pada shalat fardhu selain Jum'at itu sunnah muakkad. Menurut satu pendapat fardhu kifayah bagi laki-laki. Maka berjamaah itu wajib semoga supaya tampak syiarnya di suatu desa. Apabila mereka menolak semua, maka harus dibunuh. Sunnah muakkad bagi wanita tidak sebesar bagi pria berdasarkan pendapat yang paling sahih. Menurut saya (Imam Nawawi) pendapat yang paling sahih yang berdasarkan teks ialah fardhu kifayah. Menurut pendapat yang lain fardhu ain. Shalat berjamaah di masjid bagi wanita itu lebih utama. Dan semakin banyak anggota jamaahnya semakin afdhal. (Lihat: Tuhfatul Muhtaj, Vol.2, hlm. 247).
Dari uraian di atas, maka berikut jawabannya:
1. Berjamaah di rumah juga sunnah, akan tetapi di masjid lebih utama. Itu apabila di masjid sudah banyak anggota jamaahnya. Apabila di masjid tidak ada, maka anda wajib berjamaah di masjid.
2. Idealnya, anda mengajak bawah umur berjamaah masjid. Akan tetapi kalau itu tidak memungkinkan, maka berjamaah juga tidak apa-apa.
3. Mengajarkan anak mengaji sehabis shalat itu baik. Akan lebih baik kalau ada kawasan mengaji bersama di masjid sehingga terjadi interaksi dengan teman-teman sebayanya.
Sumber https://www.alkhoirot.net
Artinya: Sunnah itu ada lima: khitan, memotong bulu kemaluan, potong kumis, potong kuku, mencabut bulu ketiak.
Khitan itu wajib
Yaitu pendapat yang masyhur dari madzhab Syafi'i dan Hanbali. Dasarnya ialah sbb:
- Nabi Ibrahim diperintahkan berkhitan pada usia 80 tahun. Sedang umat Islam diperintahkan untuk mengikuti agama Ibrahim ibarat tersebut dalam QS An Nahl 123.
- Hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim
اختتن إبراهيم - عليه السلام - وهو ابن ثمانين سنة بالقدوم
- Qulfah atau kelebihan kulit pada kemaluan pria yang tidak sunat itu menyimpan najis. Padahal suci dari najis ialah syarat sahnya shalat wajib 5 waktu.
_____________________________________________________
NAMA BAYI: ARTI KATA AL-FATHAN
Aslkm Wr.Wb
Saya mau menanyakan ustad, Saya memperlihatkan nama anak saya Alfathan, yang saya tau nama arti tersebut ialah kemenangan, tapi ada beberapa sahabat menyampaikan bahwa jangan ditambahkan Al didepannya alasannya ialah tidak memiliki arti apa2 dalam islam, apakah demikian? atau ada arti yang lain?
Mohon pencerahannya.
Best Regards,
YANUAR.A
JAWABAN
Kata Fathan kalau dalam teks Arabnya ditulis dengan فتحان itu tidak ada dalam kosakata bahasa Arab. Yang ada ialah kalau ditulis dengan tanwin فتحًا dalam keadaan i'rab nashab yang merupakan bentuk masdar (verbal noun) dari akar kata fa ta ha [فتح]. Apabila demikian, maka memang tidak sanggup diberi al (alif lam) di awalnya. Karena ketika diberi awalan al, maka dihentikan diberi tanwin dan menjadi al-fath (الفتح).
Intinya, Anda boleh saja tetap menggunakan nama Al-Fathan. Akan tetapi secara gramatika bahasa Arab, kata tersebut tidak ada dalam daftar kosa kata. Yang ada ialah Al-Fath.
Kata Fathan dengan simpulan abjad nun sepertinya berasal dari bahasa Persia (Iran) alasannya ialah menjadi salah satu nama seorang ulama kelahiran Baghdad yang berjulukan Al-Mubarak bin Al Hasan bin Ahmad bin Ali bin Fathan (المبارك بن الحسن بن أحمد بن على بن فتحان). Namun dalam bahasa Persia pun yang mengandung makna penakluk/pemenang ialah Fatihan (فاتحان)
______________________________________________________________
IBU WAFAT, BAGAIMANA CARA MEMINTA MAAF
klu sebagai anak yang tidak sempat membalas jasa ibu, sewaktu hayat ibu dia berkelakuan kurang latih terhadap ibu.tetapi bila ibu sudah pergi gres dia sedar wacana dosanya.pada masa itu dia di alam remaja dan pendidikan agama sangat kurang.bila dia sedar dia telah bertaubat..adakah dia tetap menjadi anak durhaka?
ibunya pernah berkata semua dosa anak-anaknya di ampunkan semasa hayatnya.saya nak tahu apakah status anak wanita ini samada dia tetap anak durhaka?dia menciptakan upah haji untuk arwah,dan sedekahkan semua pahala amalannya adakah itu cukup atau dia masih juga menerima dosa durhaka pada ibunya.semasa hayat ibunya,dia memang rapat dengan ibunya,cuma dia selalu menyakiti hati ibunya.
Fazlina Lee
JAWABAN
Seorang anak selalu sanggup membalas jasa ibu walaupun ia sudah wafat atau meninggal. Yaitu dengan (a) melaksanakan perbuatan yang disenangi oleh ibu ketika ibu masih hidup yang sesuai dengan syariah Islam; dan (b) sempatkan waktu untuk berzakat shalih ibarat sedekah dan doa yang dikhususkan untuk ibu. Maka ibu akan sangat suka alasannya ialah amal itu akan hingga pada beliau. Nabi bersabda dalam sebuah hadits sahih riwayat Muslim:
إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له
Dosa insan ada 2 (dua) yaitu dosa kepada Allah dan dosa kepada sesama manusia. Kalau dosa kepada sesama insan yaitu ibu sudah dimaafkan oleh beliau, maka Anda tinggal meminta maaf atau bertaubat kepada Allah atas dosa-dosa yang Anda lakukan kepada ibu dengan taubat nasuha.
_____________________________________________________
SHALAT BERJAMAAH DI RUMAH UNTUK MENDIDIK ANAK SHALAT
Assalamualaikum. Ustad
saya seorang ayah dari dua anak Laki laki umur 6 setengah tahun dan perempuan
umur 4 setengah tahu. saya mau bertanya..
Hukumnya sholat berjamaah di rumah bagi laki laki ibarat saya.
1. Yang pertama ibu mertua menginginkan saya supaya kalau mabrib sanggup berjamaah di rumah.
2. Yang ke dua saya ingin mengajari anak anak saya sholat karna kalau saya tak sholat bersama mereka , mereka cenderung malas untuk sholat.
3. Yang ketiga sehabis sholat biasanya saya eksklusif mengajari mereka mengaji.
Sedangkan yang saya tau beberapa ulama mengajarkan semoga sholat berjamaah di masjid , ada yg mensunahkan berjamaah di masjid, ada yg menyampaikan fardu kifayah, ada yang menyampaikan fardu ain.
untuk waktu dhuhur, ashar dan subuh saya jamaah ke masjid, khusus magrib dan isyak karna habis sholat saya ajari mereka mengaji, saya slalu sholat jamaah di rumah.
bagai mana hukumnya dengan masalah saya ini ?
Wasalamualaikum.
JAWABAN
Nabi bersabda dalam hadits riwayat Abu Dawud
من سمع النداء فلم يأت فلا صلاة له إلا من عذر
Artinya: Barangsiapa yang mendengar panggilan adzan kemudian tidak tiba (ke masjid) maka tidak ada shalat baginya kecuali bagi yang udzur.
Hadits ini digunakan oleh sebagian ulama sebagai dalil bahwa shalat berjamaah itu fardhu ain. Sebagian lain menyatakan fardhu kifayah. Madzhab Syafi'i umumnya menyatakan sunnah muakkad (sangat dianjurkan).
Namun, Imam Nawawi dalam kitab Minhajut Talibin menguraikan perbedaan pendapat di kalangan ulama madzhab Syafi'i sbb:
هي في الفرائض غير الجمعة سنة مؤكدة وقيل: فرض كفاية للرجال فتجب بحيث يظهر الشعار في القرية فإن امتنعوا كلهم قوتلوا ولا يتأكد الندب للنساء تأكده للرجال في الأصح. قلت: الأصح المنصوص أنها فرض كفاية وقيل: عين والله أعلم وفي المسجد لغير المرأة أفضل وما كثر جمعه أفضل
Artinya: Shalat berjamaah pada shalat fardhu selain Jum'at itu sunnah muakkad. Menurut satu pendapat fardhu kifayah bagi laki-laki. Maka berjamaah itu wajib semoga supaya tampak syiarnya di suatu desa. Apabila mereka menolak semua, maka harus dibunuh. Sunnah muakkad bagi wanita tidak sebesar bagi pria berdasarkan pendapat yang paling sahih. Menurut saya (Imam Nawawi) pendapat yang paling sahih yang berdasarkan teks ialah fardhu kifayah. Menurut pendapat yang lain fardhu ain. Shalat berjamaah di masjid bagi wanita itu lebih utama. Dan semakin banyak anggota jamaahnya semakin afdhal. (Lihat: Tuhfatul Muhtaj, Vol.2, hlm. 247).
Dari uraian di atas, maka berikut jawabannya:
1. Berjamaah di rumah juga sunnah, akan tetapi di masjid lebih utama. Itu apabila di masjid sudah banyak anggota jamaahnya. Apabila di masjid tidak ada, maka anda wajib berjamaah di masjid.
2. Idealnya, anda mengajak bawah umur berjamaah masjid. Akan tetapi kalau itu tidak memungkinkan, maka berjamaah juga tidak apa-apa.
3. Mengajarkan anak mengaji sehabis shalat itu baik. Akan lebih baik kalau ada kawasan mengaji bersama di masjid sehingga terjadi interaksi dengan teman-teman sebayanya.
Sumber https://www.alkhoirot.net
Buat lebih berguna, kongsi: