Rahasia Surat Al Hujurat Ayat 13 Lengkap Dengan Makna Kandungannya


medium.com

Surat Al Hujurat Ayat 13: Wahai manusia, bersama-sama Kami telah membuat kalian dalam keadaan sama, dari satu asal yaitu Adam dan Hawâ'. Surat Al Hujurat ini menggambarkan perihal perilaku diskriminasi, dan kita sebagai insan harus selalu menghargai satu sama lain.

Setiap ayat yang tertulis di dalam al-quran pastinya mempunyai arti dan maksud tersendiri, oleh alasannya itu kita sebagai umat islam harus mengetahui maksud dari setial surat yang terkandung didalam al-quran semoga kita dapat mengamalkannya.

Al Hujuraat Ayat 13. yaa ayyuhaa alnnaasu innaa khalaqnaakum min dzakarin wauntsaa waja'alnaakum syu'uuban..... Merupakan surat yang menjelaskan perihal perilaku diskriminasi.


mim.or.id

Imam Suyuthi dalam kitab tafsirnya Al-Durr Al-Mantsur fi Tafsir Bil-Ma'tsur menyebutkan ada dua dongeng turunnya surat al-Hujurat ayat 13 ini. Mari kita bahas perihal surat al hujurat ayat 13.

Dua dongeng turunnya surat al Hujurat ayat 13:

‎أخرج ابْن الْمُنْذر وَابْن أبي حَاتِم وَالْبَيْهَقِيّ فِي الدَّلَائِل عَن ابْن أبي مليكَة قَالَ: لما كَانَ يَوْم الْفَتْح رقي بِلَال فَأذن على الْكَعْبَة فَقَالَ بعض النَّاس: هَذَا العَبْد الْأسود يُؤذن على ظهر الْكَعْبَة وَقَالَ بَعضهم: إِن يسْخط الله هَذَا يُغَيِّرهُ فَنزلت {يَا أَيهَا النَّاس إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ من ذكر وَأُنْثَى} الْآيَة
‎وَأخرج ابْن الْمُنْذر عَن ابْن جريج وَابْن مرْدَوَيْه وَالْبَيْهَقِيّ فِي سنَنه عَن الزُّهْرِيّ قَالَ: أَمر رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم بني بياضة أَن يزوّجوا أَبَا هِنْد امْرَأَة مِنْهُم فَقَالُوا: يَا رَسُول الله أتزوّج بناتنا موالينا فَأنْزل الله {يَا أَيهَا النَّاس إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ من ذكر وَأُنْثَى}

Kisah pertama: pada dikala Rasulullah memasuki kota Mekkah dalam kejadian Fathu Makkah, Bilal bin Rabah naik ke atas Ka'bah dan menyerukan azan. Maka sebagian penduduk Mekkah (yang tidak tahu bahwa di Madinah Bilal bin Rabah biasa menunaikan kiprah menyerukan azan) terkaget-kaget. Ada yang berkata: "Budak hitam inikah yang azan di atas Ka‘bah?” (dalam riwayat lain di kitab Tafsir al-Baghawi al-Harits bin Hisyam mengejek dengan mengatakan: "Apakah Muhammad tidak menemukan selain burung gagak ini untuk berazan?"). Yang lain berkata, “Jika Allah membencinya, tentu akan menggantinya.” Lalu turunlah ayat 13 surat al Hujurat.

Kisah kedua: Abu Hind yaitu bekas budak yang kemudian bekerja sebagai tukang bekam. Nabi meminta kepada Bani Bayadhah untuk menikahkan salah satu putri mereka dengan Abu Hind. Tapi mereka menolak dengan alasan: "Ya Rasul, bagaimana kami hendak menikahkan putri kami dengan bekas budak kami?" Lalu turunlah ayat 13 surat al Hujurat.

Setelah kita mengetahui dongeng turunnya surat Al Hujurat ayat 13 ini, kini kita akan segera mengetahui bacaan surat Al Hujurat ayat 13 ini. Berikut bacaan surat Al hujurat.


maringngerrang.com

Bacaan Surat Al Hujurat Ayat 13:


يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌالحجرات

Artinya : “Hai manusia, bersama-sama Kami membuat kau dari seorang pria dan seorang wanita dan mengakibatkan kau berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kau saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kau ialah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S Al-Hujurat : 13)

Video Surat Al Hujurat Ayat 13:


Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13:

Kebiasaan insan memandang kemuliaan itu ada sangkut pautnya dengan kebangsaan dan kekayaan. Padahal berdasarkan pandangan Allah, orang yang mulia itu yaitu orang yang paling bertakwa kepada Allah. Mengapa insan saling menolok-olok sesama saudara hanya alasannya Allah mengakibatkan mereka  bersuku-suku dan berkabilah-kabilah yang berbeda-beda, sedangkan Allah mengakibatkan ibarat itu semoga insan saling mengenal dan saling tolong menolong dan kemaslahatan-maslahatan mereka yang bermacam-macam. Namun tidak ada kelebihan bagi seseorangpun atas yang lain, kecuali dengan taqwa dan keshalihan, disamping kesempurnaan jiwa bukan dengan hal-hal yang bersifat keduniaan yang tidak pernah abadi.


Ayat ini juga menyatakan bahwa persaudaraan Islam berlaku untuk seluruh umat insan tanpa dibatasi oleh bangsa, warna kulit, kekayaan dan wilayah melainkan didasari oleh ikatan aqidah. Persaudaraan merupakan pilar masyarakat Islam dan salah satu basis kekuatannya. “Seorang mukmin terhadap mukmin yang lainnya bagaikan bangunan yang saling mengikat dan menguatkan serta bagaikan jalinan antara jari-jemari.” (HR.Muttafaq’alaih dari Abu Musa r.a.)


vidya.id

Sekarang kita tahu bacaan surat Al Hujurat Ayat 13 beserta dengan isi kandungan surat Al Hujurat Ayat 13 ini. Semoga kita dapat mengamalkan isi dari Surat Al Hujurat Ayat 13 ini. Dan terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat mambantu dan bermanfaat bagi Anda.
Sumber http://www.wajibbaca.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close