KEADAAN DI ALAM KUBUR BAGI ORANG MUSLIM DAN KAFIR (NON-MUSLIM)
Assalamualaikum wr.wb
Saya ingin bertanya, apakah mayat non-muslim akan ditanya juga di alam kubur? Karena ada orang menyampaikan bahkan para tokoh agama tersebut, bahwa mayat non muslim tersebut sudah berada disurga dan tak akan mendapat pertanyaan alam kubur. Terimakasih.
TOPIK KONSULTASI ISLAM
JAWABAN
Alam kubur yaitu termasuk alam ghaib yang menjadi kawasan pertama alam akhirat. Kita insan yang hidup tidak tahu apa yang terjadi di sana dan apa yang sedang dialami oleh mereka yang sudah mati dan dikubur. Karenanya, terkait alam ghaib ini, pengetahuan kita harus berdasarkan kepada informasi dari Yang Maha Tahu yakni Allah melalui Kitab Suci-Nya (Al-Quran) dan/atau melalui Rasul-Nya Nabi Muhammad dalam hadits-haditsnya. Dalam sebuah hadits sahih yang panjang riwayat Abu Daud dalam Sunan Abu Daud hlm 4/240 dari Barra bin Azib yang terjemahan ringkasnya sebagai berikut:
KEADAAN ORANG YANG MUSLIM SALEH DI ALAM KUBUR
Orang Islam yang soleh sangat bersyukur alasannya beriman selama di dunia. Nabi mencerikan keadaan mereka dikala pertama kali masuk alam kubur:
KEADAAN ORANG KAFIR DAN ORANG PENDOSA DI ALAM KUBUR
Sebagaimana muslim, orang kafir pun ketika di alam kubur akan diperika, ditanya dan akan disiksa. Nabi bersabda dalam lanjutan hadis di atas:
Assalamualaikum wr.wb
Saya ingin bertanya, apakah mayat non-muslim akan ditanya juga di alam kubur? Karena ada orang menyampaikan bahkan para tokoh agama tersebut, bahwa mayat non muslim tersebut sudah berada disurga dan tak akan mendapat pertanyaan alam kubur. Terimakasih.
TOPIK KONSULTASI ISLAM
- KEADAAN DI ALAM KUBUR BAGI MUSLIM DAN KAFIR
- HUKUM GAMBAR DI GELAS ES KRIM (ICE CREAM)
- MENGATASI MASALAH KERJA DI TEMPAT YANG ADA ANJINGNYA
- CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM
JAWABAN
Alam kubur yaitu termasuk alam ghaib yang menjadi kawasan pertama alam akhirat. Kita insan yang hidup tidak tahu apa yang terjadi di sana dan apa yang sedang dialami oleh mereka yang sudah mati dan dikubur. Karenanya, terkait alam ghaib ini, pengetahuan kita harus berdasarkan kepada informasi dari Yang Maha Tahu yakni Allah melalui Kitab Suci-Nya (Al-Quran) dan/atau melalui Rasul-Nya Nabi Muhammad dalam hadits-haditsnya. Dalam sebuah hadits sahih yang panjang riwayat Abu Daud dalam Sunan Abu Daud hlm 4/240 dari Barra bin Azib yang terjemahan ringkasnya sebagai berikut:
KEADAAN ORANG YANG MUSLIM SALEH DI ALAM KUBUR
Orang Islam yang soleh sangat bersyukur alasannya beriman selama di dunia. Nabi mencerikan keadaan mereka dikala pertama kali masuk alam kubur:
Maka dikembalikanlah ruhnya pada jasadnya. Lalu datanglah kepadanya dua malaikat dan mendudukkannya. Mereka berdua pun menyampaikan : siapa Robbmu? Dia menjawab : Robbku yaitu Allah. Lalu mereka bertanya lagi : apa agamamu? Agamaku yaitu islam, jawabnya. Mereka kembali bertanya : siapa orang ini yang diutus pada kalian? Dia menyampaikan : ia yaitu Rosulullah. Dari mana kau tahu? Tanya mereka. Dia pun menjelaskan: saya membaca kitabullah (Al Quran), kemudian saya beriman dengannya dan saya membenarkannya. Setelah itu, menyerulah sebuah permintaan di langit bersama-sama telah benar hambaKu, maka bentangkanlah untuknya (bentangan) dari surga, dan pakaikanlah (pakaian) dari surga, serta bukakanlah untuknya pintu menuju surga.
Maka datanglah kepadanya baunya dan kebagusannya, dan diluaskan untuknya di kuburannya sejauh mata memandang. Lalu datanglah kepadanya seorang yang manis wajahnya, manis bajunya, serta wangi baunya. Lantas ia pun berkata: bergembiralah dengan hal yang akan menyenangkanmu, ini yaitu hari yang kau dijanjikan dengannya. Dia (ruh) bertanya: siapa kamu? Wajahmu yaitu wajah yang tiba dengan kebaikan. Dia (orang yang tiba kepadanya) menjawab: saya yaitu amalanmu yang sholih. Lalu ia (ruh) itu pun mengatakan: wahai Robbku tegakkanlah hari kiamat, hingga saya sanggup kembali kepada keluargaku dan hartaku.
KEADAAN ORANG KAFIR DAN ORANG PENDOSA DI ALAM KUBUR
Sebagaimana muslim, orang kafir pun ketika di alam kubur akan diperika, ditanya dan akan disiksa. Nabi bersabda dalam lanjutan hadis di atas:
Maka kembalilah ruhnya kedalam jasadnya. Dan datanglah dua malaikat, kemudian mendudukannya. Mereka berdua menyampaikan padanya: siapa Robbmu? Dia menjawab: Hah hah, saya tidak tahu. Mereka bertanya lagi : Apa agamamu? Hah hah saya tidak tahu, jawabnya. Mereka kembali bertanya padanya : siapa orang ini yang diutus kepada kalian? Maka ia pun mengatakan: Hah hah, saya tidak tahu. Lalu menyerulah sebuah permintaan dari langit : Telah dusta dia, maka bentangkanlah baginya hamparan dari neraka, dan bukakanlah baginya pintu menuju neraka. Sehingga datanglah kepadanya panas darinya, dan juga racunnya. Dan disempitkan baginya kuburannya sehingga saling berhimpitan tulang-tulangnya.
Lalu tiba kepadanya seorang yang jelek wajahnya dan bajunya, serta busuk baunya. Dia menyampaikan : bergembiralah dengan hal yang akan menyusahkanmu, ini yaitu hari yang dulu engkau dijanjikan dengannya. Maka ia (ruh) bertanya: siapa kamu? Wajahmu menyerupai wajah orang yang tiba dengan keburukan. Dia pun menjawab: Aku yaitu amalanmu yang buruk. Lalu ia (ruh) menyampaikan : Wahai Robbku, jangan engkau tegakkan hari kiamat.
(Detailnya lihat di sini)
Kesimpulan: Orang muslim akan mendapat anugerah berupa nikmat kubur di mana akan mencicipi kenyamanan di sana sedangkan orang kafir akan mencicipi azab atau siksa kubur akan sangat menyiksa mereka dan menciptakan mereka meratapi diri sendiri alasannya tidak mau beriman kepada Allah dan RasulNya. Karena ternyata apa yang dinyatakan dalam Al-Quran dan hadits perihal alam kubur benar dan terbukti adanya.
Baca juga:
- Apakah Roh Orang Mati Bisa Hidup dan Bangkit dari Kubur?
- Hukum Ziarah Kubur
- Dasar-dasar Agama Islam
- Bayi Mati Makara Hantu?
______________________
HUKUM GAMBAR DI GELAS ES KRIM (ICE CREAM)
Assalamu'alaikum
Mau nanya pa ustadz, saya sebagai penjual es krim ingin menanyakan duduk perkara gambar
pada tutup es krim, saya mau menanyakan dua pertanyaan pa ustadz:
1.Saya berniat ingin membeli tutup es krim yg gambarnya cukup gambar es krim saja tidak ingin berniat membeli gambar makhluk yg bernyawa, tetapi si penjual menunjukkan fotonya gambar es krim yang bersamaan dengan gambar2 kartun (gambar makhluk bernyawa). berdasarkan islam apakah boleh saya membelinya?
2. Dalam tutup es krimnya terlihat gambar es krim yg begitu menarik, tapi isinya tidak sama persis menyerupai gambar pada tutup es krimnya, tapi jenis es krimnya sama dengan yg ada pada gambar tutup es krim yaitu jenis hard es krim (es krim yg dibekukan). Apakah halal jual beli menyerupai itu?
3. Es krim saya jual dalam kemasan cup, dalam kemasan 1 cup adakala saya takar dgn 2 rasa contohnya rasa cokelat dan strawberry, ketika saya takar ke dalam 1 cup dengan 2 rasa, terkadang rasa cokelat lebih banyak dari strawberry. apakah boleh pa ustadz jikalau dalam satu cup, satu rasa lebih banyak dari rasa lain?
Terima kasih sebelumnya pa ustadz, mohon maaf jikalau kalimatnya kurang rapih.
Wassalamu'alaikum.
JAWABAN
1. Boleh. Sebagian ulama beropini bahwa gambar yang dihentikan itu yaitu patung yang mempunyai tiga dimensi. Bukan gambar biasa. Baca detail: Hukum Gambar dan Patung dalam Islam
Patung pun yang dihentikan itu apabila dalam wujud yang sempurna. Kalau patung cuma kepalanya saja atau tubuh tanpa kepala maka tidak apa-apa. Baca detail: Topeng dan Patung Kepala Kuda
2. Halal apabila anda beritahu pada pembeli apa isi yang sebenarnya. Apabila pembeli sudah tahu apa isinya, maka tanpa memberi tahu juga tidak apa-apa. Di sini yang terpenting yaitu kedua belah sama-sama rela dan tidak ada yang merasa tertipu. Baca detail: Bisnis dalam Islam
3. Sama dengan tanggapan no. 2 yaitu tidak duduk perkara bagaimanapun isinya asalkan pembeli tahu dan tidak keberatan.
______________________
MENGATASI MASALAH KERJA DI TEMPAT YANG ADA ANJINGNYA
Assalamualaikum ustadz terimakasih sebelumnya telah menjawab pertanyaan saya sebelumnya mengenai hal ini yang ingin saya tanyakan lagi mengenai najis mugholazoh ini yaitu :
1. ketika kita menginjak jejak anjing alasannya diwaktu itu dalam perjalanan tidak ada kamar mandi kemudian sepatu kita yang menginjak jejak anjing itu digosokkan berkali kali ketanah yang lembab (musim hujan) apakah sepatu ini sudah tidak menularkan najis kelantai yang diinjak selanjutnya? alasannya saya pernah membaca salah satu cara menghilangkan najis yaitu dengan menggosokkannya ketanah terlebih jejak anjing tidaklah meninggalkan bekas disepatu, benarkah pendapat saya?
2. ketika saya menyiram lantai yang saya injak dengan sepatu yang sudah saya gosokkan ketanah saya siram lantai tujuh kali salah satu siraman itu menggunakan tanah (pada siraman pertama) alasannya jarak kearah luarnya agak jauh sehingga air siraman 7 kali itu tergenang (bercampur) dan keluar sedikit sedikit kearah kamar mandi aturan air nya apa ustadz? ini yang saya was waskan alasannya keluar kamar mandi itu saya menginjak air itu kemudian masuk keruangan lain saya khawatir ruangan lain tertular najis dari sepatu saya yang menginjak air itu, waktu itu saya berpikir
sudah suci alasannya sudah disiram tujuh kali, jadi saya santai saja menggunakan sepatu saya masuk keruangan lain
3. kalau najis bagaimana nasib lantai-lantai yang saya injak itu ustadz apa tertular najis kemudian saya harus bagaimana lagi lantainya setiap hari sudah dipel cleaning service apa najis jadi menular ke seluruh lantai? saya pusing sekali memikirkannya walau insiden itu sudah 6 bulan kemudian tapi saya bekerja disini setiap hari saya selalu berpikir najis keseluruhan lantai jadi tiap pulang kerja saya sertu sepatu saya dan ujung pakaian saya yang terkenalantai sungguh sangat melelahkan dan menciptakan sholat saya terganggu alasannya semenjak insiden 6 bulan kemudian itu saya tidak pernah sholat lagi di kawasan kerja, sesampainya dirumah waktu sholat sudah lewat, mohon kiranya ustadz sanggup menunjukkan pencerahan ajaran kepada saya supaya ibadah saya tidak berserakan terimakasih ustadz
JAWABAN
1. Tergantung pendapat mazhab siapa yang dipakai. Kalau mazhab Hanafi dan sebagian mazhab ulama Hanbali , jejak anjing itu tidak najis. Yang najis hanya air liurnya saja. Dalam situasi yang sulit, contohnya tinggal di lingkungan yang banyak anjingnya anda sanggup mengikuti pendapat ini supaya tidak merepotkan. Apalagi kalau ikut mazhab Maliki di mana anjing tidak najis secara mutlak. Baca detail: Najis Anjing berdasarkan Mazhab Empat
Sedangkan berdasarkan mazhab Syafi'i, najis anjing yang mengenai tanah berlumpur, maka cukup dengan membasuh atau menyiramnya tujuh kali tanpa perlu dicampur dengan debu. Imam Nawawi berkata dalam Al-Majmuk
لو تنجست أرض ترابية بنجاسة الكلب كفى الماء وحده سبع مرات من غير تراب أجنبي، على أصح الوجهين إذ لا معنى لتتريب التراب
Artinya: Apabila bumi yang berdebu terkena najis anjing, maka cukup disucikan dengan air tujuh kali tanpa perlu menggunakan debu lain berdasarkan pendapat yang paling sahih alasannya tidak ada gunanya memberi debu pada debu.
Jadi, menggosokkan ke tanah tanpa menggunakan air itu tidak cukup kalau mengikuti tatacara penyucian mazhab Syafi'i.
2. Kalau sepatu yang najis itu basah, maka yang dilewati dan yang tersentuh sepatu juga najis. Sekali lagi, ini kalau mengikuti mazhab Syafi'i. Kami menganjurkan biar dalam kondisi ini, anda mengikuti pendapat mazhab lain yakni mazhab Maliki yang menyatakan bahwa anjing tidak najis untuk menghindari kesulitan yang dihadapi setiap harinya. Baca detail: Najis Anjing berdasarkan Mazhab Empat
3. Kalau anda mengikuti pendapat mazhab Maliki dalam soal ini, maka anda tidak lagi perlu memusingkan duduk perkara tersebut.
Baca juga:
- Bimbang Najis Anjing
- Was was Najis Anjing Masa Lalu
- Najis Anjing Selain Air Liur
- Najis dan Cara Menyucikan
Sumber https://www.alkhoirot.net
Buat lebih berguna, kongsi: