7 Alasan Mengapa Surah Ar Rahman Sering Kali Dijadikan Mahar Nikah


Calon suami melantunkan surah ar rahman sebagai mahar nikahnya (sumber dari dodiaul4ever.blogspot.com)

Buat perjaka jomblo


Sudahkah hafal Ar Rahman?

Mungkin ada yang penasaran, kenapa mulai banyak laki-laki yang memakai mahar hafalan surat Ar Rahman...?

Berikut penjelasannya biar lebih paham...

Menurut survey yang dilakukan oleh akhwat fillah bahwa setiap ijab kabul para penggerak dakwah ternyata kebanyakan calon istrinya menentukan surat Ar-Rahman sebagai mahar pernikahan.

Betapa istimewanya surah Ar-Rahman, meskipun masih banyak surat-surat yang lain yang ibarat surat an nur umpamanya atau surat lain yang lebih dekat kaitannya dengan moment pernikahan.

Inilah beberapa alasan dari survey yang dilakukan para istri penggerak dakwah yang menentukan surah Ar-Rahman sebagai mahar:

1. Ada yang menyampaikan sebab surah Ar-Rahman penuh dengan pertanyaan dari Allah tentang nikmat manakah lagi yang akan insan dustakan.

Karena ijab kabul ialah menyempurnakan separuh din dan mungkin masih banyak akhwat yang  belum dikaruniakan Allah seorang pendamping, maka sebagai rasa bersyukur akan sebuah pernikahan, mahar surat Ar-Rahman rasanya sangat sempurna sebagai pengingat supaya selalu mensyukuri nikmat Allah yang sangat banyak, Seperti yang dilansir oleh 30harihafalquran.com

2. Ada yang menyampaikan sebab ingin meringankan calon suami,karena kata Rosulullah bahwa sebaik-baik mahar itu yang memudahkan (meskipun si akhwat belum hafal ) jadi tampaknya mahar surat Ar-Rahman  sanggup jadi solusi.

Baca Juga :

3. Alasan selanjutnya yang simple tapi lucu. Terinspirasi dari novelnya kang abik Ayat-Ayat Cinta.

4. Ada yang memang sangat menyukai surah Ar-Rahman yang bercerita tentang bidadari yang di pingit, bahkan ada akhwat yang menyampaikan beliau tidak mau di hargai dengan apapun,baik cincin,uang atau bahan apapun sebagai mahar tapi beliau akan sangat senang kalau dirinya dibeli dengan surah Ar-Rahman, Subhanallah.

5. Surat Ar-Rahman ayatnya pendek-pendek dan juga diselingi dengan pertanyaan Allah akan nikmat-nikmatnya yang mana lagi yang kita ingkari,dan pengulangan kata-kata itu tidak terdapat pada surah yang lain,terdapat sekitar 31x pengulangan kata fa biayyi ‘alaa irobbikumaa tukazziban(maka nikmat Tuhan kau yang manakah yang kau dustakan?)

6. Alasan lain yang di terima akhwatfillah ialah akhwat menentukan surah Ar-Rahman sebagai mahar untuk memotivasi hafalan Qur’an sang suami, karena ada bebrapa akhwat yang kadang menciptakan sasaran berapa juz minimal hafalan calon pendampingnya,maka salah satu permintaannya mahar hafalan surah Ar-Rahman.

7. Alasan akhwat yang lain sebab dalam surah Ar-Rahman Allah menunjukkan deskripsi wacana nirwana dan kenikmatannya, berupa buah-buahan,warna nirwana yang hijau juga bidadari yang sangat bagus disurga, yang katanya memotivasi para calon suami dan istri untuk senantiasa menjalankan roda rumah tangga dengan orientasi akhirat, yang akhwat terinspirasi menjadi istri terbaik yang menyaingi bidadari surga,yang ikhwannya terinspirasi berjihad tiada henti hingga syahid menjemput dan mendapat bidadari surga.

Terlepas dari semua alasan di atas, bagaimana seandainya akhwat minta mahar surat Al-Haqqoh. yang ayatnya pendek-pendek dan banyak menggambarkan kondisi akhirat,  tapi dari sisi kengeriannya alias neraka.

Kenapa kok nggak surah al haqqoh saja buat mahar nikah yang ayatnya pendek-pendek dan banyak menggambarkan kondisi akhirat,  tapi dari sisi kengeriannya alias neraka

jawabannya mungkin momennya kurang sempurna sebab para undangan akan menangis tersedu-sedu, maka kelembutan Allah yang menegur hamba-hambanya dalam surat Ar-Rahman mungkin sanggup jadi merupakan pandangan gres calon istri minta mahar hafalan surah Ar-Rahman.

Kaprikornus untuk para ikhwan, sudahkah anda hafal surah Ar-Rahman? Kalau belum mungkin baiknya undur dulu anjuran anda sebab survei menandakan akhwat kebanyakan meminta hafalan surah Ar-Rahman sebagai mahar ijab kabul mereka, dan hafalannya di bayar tunai di depan para undangan pernikahan.

Sudahkah anda siap?
Sumber http://www.wajibbaca.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close