Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Witir Jumlah Rakaat Berjamaah Sendiri

Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Witir Jumlah Rakaat Berjamaah Sendiri - Sholat tarawih menjadi pelajaran penting yang benar-benar harus di pahami dengan baik oleh setiap umat muslim semenjak dini Mulai dari tata cara sholat tarawih niat dan doanya. Meskipun waktunya hanya berada pada bulan ramadhan saja tetapi melihat dari sisi hukun dan pahala besar yang berada pada sholat sunnah ini begitu luar biasa maka di anjurkan baik pria atau wanita untuk tidak pernah meninggalkan tarawih selagi bisa dan tidak ada halangan.

Apabila membahas seputar sholat tarawih maka tentunya tidak ibarat yang lain lantaran pada tarawih ini sangat aneka macam perbedaan pendapat selain dari doa sholat tarawih yaitu dari sisi jumlah rakaat ada di antaranya yang menyebutkan 8 dan menjadi 11 rakaat beserta witir ada juga yang mengamalkan 20 menjadi 23 rakaat beserta witir bahkan ada pula yang 36 rakaat. Perbedaan ini sama-sama mempunyai dalil berpengaruh yang mereka masing-masing yakini kesahihannya.

Pangkal perbedaan terjadinya perbedaan ini bermula dari salah satu hadits siti aisyah yang menyebutkan bahwa rosullullah saw tidak pernah menambah di bulan ramadhan dan di luar ramadhan lebih dari 11 rakaat. Namun kalau meihat dari klarifikasi para ulama andal hadits bahwa hadits tersebut lebih mengambarkan pada sholat malam bukan tarawih lantaran dalam hadits bukhari dan muslim menjelaskan bahwa nabi keluar pada bulan ramadhan guna mengerjakan sholat malam dengan 3 tahapan bersama umat di masjid.

Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Witir Jumlah Rakaat Berjamaah Sendiri Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Witir Jumlah Rakaat Berjamaah Sendiri

Pertama pada tanggal ke 3 ke 5 dan ke 27 kemudian rosulullah saw mengerjakan shalat 8 rakaat dan sisanya mereka sempurnakan di rumahnya masing-masing. Bahkan di sisi lain para shabat pun setuju mengerjakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat dengan witir 3 rakaat. Lalu bagaimana mengenai 36 rakaat, dalam hal ini umar bin ’Abdul Aziz menambahkan jumlah rakaat menjadi 36 semoga bisa menyamai shalat tarawihnya maka, lantaran di makah pada waktu tersebut menyelingi setiap 4 rakaat dengan tawaf.

Makara sanggup di simpulkan bahwa jumlah rakaat shalat tarawih lebih utama melaksanakan 20 rakaat dengan witir 3 rakaat berdasarkan pendapat paling mashur dengan masing-masing satu kali salam 2 rakaat. Dan begitu juga sebaiknya kita dalam mengerjakan sholat sunnah di setiap malam bulan ramadhan serta di berjamaahkan. Dalam hal tata cara sama dengan sholat pada umumnya, dan yang membedakannya hanya terdapat pada niat saja ibarat yang ada di bawah ini.

Niat Shalat Tarawih Untuk Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-Taroowiihi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Imaaman Lillaahi Ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam lantaran Allah Ta'ala

Niat Shalat Tarawih Sendiri

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-Taroowiihi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat lantaran Allah Ta'ala

Niat Shalat Tarawih Ma'mum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-Taroowiihi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Ma'muman Lillaahi Ta'alaa
Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum lantaran Allah Ta'ala

Sedangkan shalat witir di lakukan sesudah shalat tarawih dengan hitungan rakaat ganjil seprti 3, 9 dan sebagainya, namun kebanyakannya melkukan yang tiga rakaat dan berikut ialah doannya

Niat Shalat Sunah Witir 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunatal witri rakataini mustaqbilal qiblati adaa an ma,muman lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat witir dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum lantaran Allah Ta'ala

Niat Shalat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rak'atan mustaqhbilal qiblati ada,an ma,muuman lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat witir satu raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum lantaran Allah Ta'ala

Niat Shalat Witir 3 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunatal witri tsalasa rak'atin mustaqbilal qiblati adaa an ma,muman lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat witir tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum lantaran Allah Ta'ala

Dari klarifikasi di atas yang memuat seputar tata cara sholat tarawih serta yang lainnya sanggup kita pahami bahwa sholat ini mempunyai jumlah rakaat 20 di tambah 3 witir yang paling mashur di kalangan para ulama. Maka dengan begitu alangkah baiknya kalau kita juga mengikuti pendapattersebut, silahkan kalau merasa kurang puasa cari lagi isu pada artikel lain yang membahas seputar cara niat sholat tarawih dan witir berjamaah sendiri 3, 4, 8, 11, 21 rakaat isya munfarid dalam bahasa indonesia makmum pengertian bagaimana melaksanakan jelaskan berapa jumlah ketentuan bacaan bilal dan yang lainnya.
Buat lebih berguna, kongsi:
close