Bacaan Doa Nabi Adam As Dan Artinya

Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya - Pembahasan kali ini masih akan berbicara megenai doa. sudah sepantasnya kita selalu dan senantiasa berdoa kepada ALAH SWT setiap saatnya. anda sanggup berdoa dengan doa apapun yang baik, namun ada beberapa doa yang afdhol dan utama alasannya diamalkan dan dibaca eksklusif oleh para Nabi Nabi utusan ALLAH SWT.

Salah satu doa yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat dalah doa Nabi Adam AS. doa yang biasa dibaca oleh Nabi Adam AS ini mempunyai aneka macam fadhilah dan keutamaan bagi pembacanya salah satunya yakni diampuni dosanya dan dicukupkan rezekinya oleh ALLAH SWT serta banyak manfaat lainnya.

Diriwayatkan oleh Aisyah – semoga Allah SWT meridhoinya – bahwa ketika Allah SWT berkehendak untuk mendapatkan taubat Nabi Adam, dia tawaf mengelilingi ka’bah 7 kali kemudian dia salat dua rakaat kemudian membaca doa di atas. Kemudian Allah mewahyukan kepada Nabi Adam: “Aku telah ampuni engkau, dan tidaklah seorang dari keturunanmu yang membaca doa ibarat yang engkau baca itu kecuali Aku akan mengampuni dosanya, saya singkap segala keluh kesahnya, dan saya cabut kefakira dari hadapannya, dan saya akan berniaga untuknya dibalik segala para saudagar, dan dunia akan tiba kepadanya mau atau tidak mau, walaupun ia tidak menginginkannya.

baca juga : Doa Habib Ali Al-Habsyi

Berikut ini kami sajikan lafadz bacaan doa Nabi Adam AS dalam teks/tulisan arab lengkap beserta terjemahan/arti bahasa indonesianya, terdapat pula doa Nabi Adam AS ketika memohon ampun dan bertobat kepada ALLAH SWT . . .

 Pembahasan kali ini masih akan berbicara megenai doa Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya

Bacaan Doa Nabi Adam AS dan Artinya :

Doa Nabi Adam Versi Tulisan Arab


دعاء نبي الله آدم عليه السلام
اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا
دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Terjemahan Doa Nabi Adam


Ya Allah sebetulnya Engkau Maha Tahu keadaaan batin dan zahirku, maka terimalah alasanku, dan Engkau Maha Tahu akan hajat / keperluanku maka berilah saya segala permintaanku, dan Engkau Maha Tahu akan apa yang ada dalam diriku maka ampunilah dosaku. Ya Allah, saya memohon kepada-Mu dogma yang langgeng yang selalu menempel pada hatiku, dan saya memohon keyakinan yang sunguh-sungguh sampai saya tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa-apa yang telah Engkau menetapkan kepadaku, dan saya memohon kerelaan atas apa yang Engkau bagikan kepadaku, wahai Yang Maha mempunyai keagungan dan kemuliaan.

Dalam kitab Al-Maslakul Qoriib karya Al-Habib Thohir bin Husain bin Thohir terdapat embel-embel ibarat di bawah ini :



اَللَّهُمَّ أَطِلْ عُمْرِيْ فِي طَاعَتِكَ وَمَعْرِفَتِكَ وَامْلَأْ قَلْبِيْ مِنَ الْيَقِيْنِ مَا تَهُوْنُ بِهِ مَصَائِبُ الدُّنْيَا وَهَوِّنْ عَلَيَّ سَكْرَةَ الْمَوْتِ وَاخْتِمْ لِيْ بِالْحُسْنَى
وَارْزُقْنِيْ مُرَافَقَةَ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اْلآخِرَةِ فِي جَنَّةِ الْخُلْدِ وَنَعِّمْنِيْ بِلَذَّةِ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ

Artinya :


Ya Allah, panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan mengenal-Mu, dan penuhilah hatiku dengan keyakinan yang mana dengannya menjadi ringanlah segala peristiwa alam dunia , dan ringankanlah atasku sekaratul maut, dan tutuplah usiaku dengan keadaan yang terbaik, dan rezqikanlah saya pertemanan dengan Nabi-Mu Muhammad – semoga Allah selalu melimpahkan salawat dan salam – di alam abadi dalam nirwana khuldi dan berilah saya nikmat dengan memandang ‘wajah’-Mu yang mulia.

Doa Nabi Adam AS Memohon Ampun


Setelah melanggar perintah ALLAH SWT dengan memakan buah khuldi yang seharusnya dihentikan untuk dimakan, Nabi Adam pun memohon ampun kepada ALLAH SWT dengan memanjatkan sebuah doa. Dalam kondisi ini, nabi Adam AS dan Hawa bertaubat dan mengangkat tangan sambil berdoa sebagai berikut . . .
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Terjemahannya :


“Keduanya berkata: Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan kalau Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, pasti pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

Nah demikianlah perihal doa Nabi Adam Alaihissalam lengkap beserta artinya. Doa doa diatas mempunyai makna yang dalam serta manfaat yang besar bagi pembacanya. semoga semua doa kita senantiasa dikabulkan oleh ALLAH SWT. amiin ya robbal alamiin.
Buat lebih berguna, kongsi:
close