Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

 Bagaimana Sholat Tarwih yang dilaksanakan  Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam
SHALAT TARAWIH EMPAT RAKAAT SATU SALAM

Saya Khairul Saleh Nasution, Yang ingin saya tanyakan :
1. Tentang Sholat Tarawih. Bagaimana Sholat Tarwih yang dilaksanakan 4 (empat) rakaat satu salam. Mohon penjelasannya disertai dasar hukumnya.

2. Sholat dalam perjalanan. Sebagaimana kita ketahui pada zaman Rasululloh Saw. apabila ia melaksanakan perjalanan yang cukup jauh (musyafir) Nabi Menjama' atau Qasor Sholatnya. Tetapi berbeda dengan zaman nya kini kemudahan sudah serba ada, kemanapun kita bepergian sepanjang perjalanan Masjid sudah banyak. Yang ingin saya tanyakan bagaimana kalau kita yang memakai kenderaan peribadi bukan menumpang dengan kenderaan umum. Kita Sholat menyerupai biasa tanpa menjama' atau Qasar. Karena Harta atau rahmat yang diberikan Allah SWT. tersebut kita jadikan untuk mendukung menyempurnakan Ibadah kita.

Mohon klarifikasi Mana yang lebih Afdol kita melaksanakan Sholat menyerupai biasa atau menjama' Qasar atau Jama' atau Qasar. Terima kasih

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. SHALAT TARAWIH EMPAT RAKAAT SATU SALAM
  2. PACAR KEMBALI KE MANTAN
  3. ISTRI TIDAK MAU HUBUNGAN INTIM
  4. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Shalat tarawih yang dilaksanakan empat rakaat dalam satu salam berdasarkan mazhab Syafi'i hukumnya dirinci sebagai berikut: (a) Shalatnya batal dan tidak sah apabila ia melaksanakan secara sengaja dan tahu hukumnya; (b) apabila tidak sengaja dan tidak tahu hukumnya, maka shalat yang dilakukannya berkembang menjadi salat sunnah mutlak (lihat: Al-Mausuah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, hlm. 28/101)

Pandangan mazhab Syafi'i ini berdasarkan pada hadis riwayat Bukhari & Muslim dari Ibnu Umar: [صلاة الليل مثنى مثنى] "Shalat malam itu dua kali dua kali."

Dalam hadis lain riwayat Muslim dari Aisyah ia berkata:

كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي من الليل إحدى عشرة ركعة يسلم من كل اثنتين ويوتر بواحدة
Artinya: Nabi shalat malam 11 rakaat mengucapkan salam setiap dua rakaat dan witir satu rokaat.

Memang ada hadis yang mengesankan Nabi shalat 4 rakaat 1 salam yakni hadis sahih riwayat muttafaq alaih dari Aisyah sbb:
أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصلي من الليل أربعاً فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي أربعاً فلا تسأل عن حسنهم وطولهن
Artinya: Nabi pernah shalat malam empat rakaat, jangan tanyakan betapa baik dan lamanya. Lalu shalat empat rakaat, jangan tanyakan betapa baik dan lamanya.

Namun hadis maksudnya yakni empat rakaat dengan dua kali salam. Bukan empat rakaat dengan satu kali salam sebagaimana dijelaskan oleh dua hadis sebelumnya.

Dalam menafsiri hadis yang terakhir ini, Muhammad bin Abdul Baqi dalam Syarah Al-Zarqani ala Muwatto Al-Imam Malik, hlm. 10/575 menyatakan:
( ثم يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ) يعني أربعا في الطول والحسن وترتيل القراءة ونحو ذلك ، فلا ينافي أنه كان يجلس في كل ركعتين ويسلم لقوله - صلى الله عليه وسلم - : " صلاة الليل مثنى مثنى " ومحال أن يأمر بشيء ويفعل خلافه وإلى هذا ذهب فقهاء وجماعة من أهل العراق
Artinya: Kalimat "shalat empat rakaat" yakni dalam segi usang dan baiknya dan tartilnya bacaannya. Hadis ini tidak menafikan bahwa Nabi duduk pada setiap dua rakaat dan mengucapkan salam berdasarkan pada sabda Nabi: "Salat malam itu dua rakaat dua rakaat". Dan tidak mungkin Nabi menyuruh sesuatu kemudian melaksanakan yang sebaliknya. Ini yakni pendapat dari kalangan ulama hebat fiqih dan golongan ulama hebat Irak.

PENDAPAT YANG MEMBOLEHKAN SHALAT TARAWIH 4 RAKAAT 1 SALAM

Namun ada pendapat dalam mazhab lain yang membolehkan shalat tarawih 4 rakaat dalam dengan 1 salam dengan rincian sebagai berikut:

a. Mazhab Hanafi: Hukumnya sah dan tidak makruh. Menurut mazhab Hanafi, bahkan kalau kita shalat sunnah malam 6 rakaat atau 8 rakaat, maka yang perlu salam cukup pada rakaat terakhir yakni keenam atau kedelapan saja (lihat: An-Niyabah fi Syarh al-Hidayah, 2/613; Al-Istidzkar, 5/237). Menurut mazhab ini, shalat 4 rakaat dengan 1 salam yakni yang paling utama (lihat: Tuhfatul Ahwadzi, 2/416).

b. Mazhab Maliki: Hukum shalatnya sah tapi makruh. Yang sunnah yakni salam setiap 2 rakaat.

c. Mazhab Hanbali: Hukum shalat 4 rakaat 1 salam yakni sah. Baik salat malam (tarawih termasuk) maupun shalat sunnah yang lain pada siang hari.

KESIMPULAN

Kitab Al-Mausuah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, hlm. 28/101 menyimpulkan perbedaan pendapat ini sbb:
واختلفوا فيمن صلى التراويح ولم يسلم من كل ركعتين:

فقال الحنفية: لو صلى التراويح كلها بتسليمة وقعد في كل ركعتين فالصحيح أنه تصح صلاته عن الكل، لأنه قد أتى بجيمع أركان الصلاة وشرائطها، لأن تجديد التحريمة لكل ركعتين ليس بشرط عندهم، لكنه يكره إن تعمد على الصحيح عندهم، لمخالفته المتوارث، وتصريحهم بكراهة الزيادة على ثمان في صلاة مطلق التطوع فهنا أولى، وقالوا: إذا لم يقعد في كل ركعتين وسلم تسليمة واحدة فإن صلاته تفسد عند محمد، ولا تفسد عند أبي حنيفة وأبي يوسف، والأصح أنها تجوز عن تسليمة واحدة، لأن السنة أن يكون الشفع الأول كاملا، وكماله بالقعدة ولم توجد، والكامل لا يتأدى بالناقص،

وقال المالكية: يندب لمن صلى التراويح التسليم من كل ركعتين، ويكره تأخير التسليم بعد كل أربع، حتى لو دخل على أربع ركعات بتسليمة واحدة فالأفضل له السلام بعد كل ركعتين.

وقال الشافعية: لو صلى في التراويح أربعا بتسليمة واحدة لم يصح فتبطل إن كان عامدا عالما، وإلا صارت نفلا مطلقا، وذلك لأن التراويح أشبهت الفرائض في طلب الجماعة فلا تغير عما ورد،

ولم نجد للحنابلة كلاما في هذه المسألة. أهـ. وقد وجدنا نحن نصا للحنابلة وهو ما قاله المرداوي في الإنصاف: اعلم أن الأفضل في صلاة التطوع في الليل والنهار: أن يكون مثنى.. وإن زاد على ذلك صح، ولو جاز ثمانيا ليلا، أو أربعا نهارا، وهذا المذهب

Artinya: Apabila shalat taraweh semuanya dengan satu kali salam dan duduk di setiap dua rakaat, maka berdasarkan pendapat yang sahih (dalam mazhab ini) seluruh shalatnya sah... Mazhab Maliki berpendapat: Sunnah bagi yang shalat tarawih untuk salam di setiap dua rakaat dan makruh salam sesudah 4 rakaat.. Mazhab Syafi'i berpendapat: Shalat tarawih dengan 4 rakaat satu salam hukumnya tidak sah dan batal salatnya apabila disengaja dan tahu... Mazhab Hanbali: .. Shalat sunnah malam atau siang hendaknya dua rakaat satu salam. Kalau lebih dari itu sah. Baca detail: Shalat Tarawih

2. Tentang shalat musafir sifatnya menjamak dan qashar itu tidak wajib. Anda sanggup saja tetap shalat tepat walaupun dalam perjalanan yang dibolehkan untuk jamak dan qashar. Baca detail: Shalat Jamak Qashar

_______________________________


PACAR KEMBALI KE MANTAN

Assalamualaikum..Selamat malam
Mohon maaf saya mempunyai permasalahan dalam asmara. saya akrab dengan seseorang yg saya anggap ia sholehah sekitar 1th yg kemudian tapi kami tidak pacaran hingga detik ini alasannya yakni saya tahu seorang perempuan sholehah tidak wajib untuk pacaran. sesudah hampir 6bulan kedekatan kita ia diajak balikan oleh mantannya dan ia dongeng kesaya, ia merasa resah menentukan antara saya atau mantannya dan saran dari kedua
orang tuanya untuk sholat istikharah akan tetapi hingga detik ini ia belum sholat istikharah sesuai saran orang tua,

kesannya merekapun balik dan pacaran menjalin kekerabatan jarak jauh. Sampai kini kami masih tetap akrab dan ia mempunyai rasa sayang yg sama kepada saya walaupun
tidak pacaran . sebelumnya sesudah mereka pacaran, saya 7 hari berturut2 tiap malam sholat istikharah minta petunjuk untuk menentukan tetap bersama ia yg sudah punya pacar atau pergi dari kehidupannya, sebelum sholat ia menjauh dari saya, sesudah sholat ia menjadi lebih akrab dan kalau ada duduk kasus niscaya ada hal yg disengaja / tidak mempertemukan kita. saya masih sering istikharah minta petunjuk apakah jalan saya ini benar atau salah akan tetapi hati saya lebih nyaman dan mantap menjalani bersama ia walaupun sering tersakiti

1. Pertanyaan saya apakah jalan yg saya pilih ini salah walaupun saya sudah mantab sesudah istikharah?

Terima kasih atas sarannya dan mohon maaf kalau terlalu panjang..assalamualaikum

JAWABAN

1. Urusan mencari jodoh itu yakni urusan dua orang yaitu laki-laki dan wanita. Kalau anda sebagai laki-laki merasa mantan padanya; namun si perempuan merasa tidak nyaman dengan anda atau cenderung pada mantannya, maka langkah terbaik yakni menjauhinya dan cari calon pendamping yang lain. Fakta bahwa ia bekerjasama dengan dua laki-laki menunjukkan bahwa ia bukan perempuan shalihah.

Terkait istikharah baca artikel berikut:
- Shalat Istikharah
- Menentukan Jodoh Lewat Istikharah

_______________________________


ISTRI TIDAK MAU HUBUNGAN INTIM

kepada bapak ustad yang terhormat,

saya ingin bertanya ihwal bagaimana aturan nya secara islam apabila :

1. istri tidak melaksanakan kewajibannya dalam hal kekerabatan intim selama 1 tahun lebih dengan alasan menstruasi terus menerus akhir KB suntik , padahal saya pernah berkonsultasi kepada dokter seorang hebat kandungan efek menstruasi seorang perempuan dari suntik KB paling usang hanya 1 bulan , dan sisa nya tidak menstruasi ( KB suntik 3 bulanan )

2. saya di perlakukan oleh ibu mertua selayaknya seorang pembantu , pola , saya tidak diijinkan tidur seranjang dengan istri dan anak saya , dan kalau rumah tidak di bersihkan saya di maki-maki , dan saya disuruh tidur di sofa yang di tempatkan di gudang barang2.

mohon pencerahan bapak ustad , kalau saya menceraikan istri saya apakah saya sanggup mendapat hak didik atas anak saya yang masih berusia 6 bulan , alasannya yakni jujur saya sudah tidak tahan lagi dengan perlakuan istri dan ibu mertua saya

JAWABAN

1. Hukumnya berdosa istri menolak kekerabatan intim. Lagipula, haid itu maksimal 15 hari dalam sebulan sedangkan 15 hari sisanya disebut istihadah kalau tetap keluar darah. Dalam keadaan istihadah istri sanggup melaksanakan kekerabatan intim dengan suaminya. Baca detail: - Darah Haid dan - Darah Istihadoh

2. Sebagai lelaki anda harus mempunyai perilaku tegas sehingga mertua dan istri anda tidak bertindak otoriter pada anda. Ancam istri akan diceraikan kalau ia tetap menolak atau cari cara lain biar mereka segan pada anda. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

Sumber https://www.alkhoirot.net
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini: