Hukum Menutup Malu Dosa

HUKUM MENUTUP MEMBUKA AIB DOSA DIRI SENDIRI Hukum Menutup Aib Dosa
HUKUM MENUTUP MEMBUKA AIB DOSA DIRI SENDIRI

Assalamualaikum ustadz, saya sedang galau lantaran sahabat saya (seorang istri) yg terus menerus curhat mengenai penyesalannya lantaran sudah menduakan dari suaminya. Dia dirayu terus menerus hingga jadinya berzina dengan pria lain. Namun suaminya tidak mengetahui bahwa sang istri selingkuh.

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. HUKUM MENUTUP MEMBUKA AIB DOSA DIRI SENDIRI
  2. WARISAN UNTUK CUCU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
  3. CARA KONSULTASI AGAMA

Si istri merasa bersalah, bertaubat, dan sangat takut Allah marah dan tidak mengampuni dosanya sehingga ia tidak sanggup masuk surga. Karena ia berpikir, ia sebagai istri telah durhaka. Namun di sisi lain, mustahil memberi tahu suami perihal perselingkuhan yg lampau lantaran kalaupun suami memaafkan, hanya akan memperburuk keadaan dan menciptakan hubungannya dengan suami ke depannya menjadi tidak enak.

Si istri (sahabat saya) terus kanal curhat kepada saya, menanyakan apakah dosanya akan diampuni. Namun lantaran saya bukan org yg cakap dalam ilmu agama, saya sendiri galau menjawabnya. Sehingga saya berinisiatif membantu dengan bertanya kepada ustad. Pertanyaan saya

1. Bagaimanakah istri yg berzina tanpa diketahui suami (namun sudah bertaubat) di hadapan Allah? Apakah dosanya sanggup diampuni? Kalo ya, bagaimana caranya supaya diampuni?

2. Seandainya istri berselingkuh tanpa sepengetahuan suami, namun tidak hingga berjima', Apakah dosanya sanggup diampuni? Apakah kalau tidak hingga berjima' juga harus memberitahu suami dan meminta maaf?

3. Apakah harus memberitahu suami dan meminta maaf atas perselingkuhan yg lalu, sedangkan kalaupun suami memaafkan, hanya akan menciptakan kekerabatan ke depannya menjadi tidak enak.

Demikian pertanyaan saya ustad, mohon jawabannya. Terimakasih banyak. Assalamualaikum


JAWABAN

1. Semua dosa sanggup diampuni asalkan ia melaksanakan taubat nasuha. Yaitu, memohon ampun pada Allah atas dosa yang dilakukan di masa lalu, berjanji tidak melakukannya lagi, dan banyak melaksanakan amal ibadah. Dalam QS As-Syuro :25 Allah berfirman:

وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ

Artinya: Dan Dialah yang mendapatkan taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kau kerjakan.

Baca detail: Cara Taubat Nasuha

2. Bisa diampuni selagi taubatnya masih dalam keadaan sehat dan ajal belum hingga di tenggorokan. Tidak perlu memberitahu suami. Yang ia lakukan yakni malu pribadi, oleh lantaran itu menjadi urusan ia dengan Allah. Tidak perlu bahkan dihentikan membuka malu itu walaupun pada suaminya. Nabi bersabda dalam hadits riwayat Ahmad:

إن الله يقبل توبة العبد ما لم يغرغر

Artinya: Allah akan mendapatkan taubat hambanya selagi nafas belum hingga di tenggorokan (belum mati).

Sebenarnya menceritakan pada Anda juga sebuah kesalahan lantaran itu berarti membuka malu dosa pada orang lain.

3. Tidak perlu memberi tahu suami. Nabi bersabda dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari:

كُلُّ أَمَّتِى مُعَافًى إِلاَّ الْمُجَاهِرِينَ ، وَإِنَّ مِنَ الْمَجَانَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلاً ، ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ ، فَيَقُولَ يَا فُلاَنُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا ، وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللهِ عَنْهُ

Artinya: Seluruh umatku diampuni kecuali al-mujahirun (orang yang terang-terangan berbuat dosa), dan termasuk bentuk Mujaharoh (terang-terangan dalam berbuat dosa) yakni seseorang berbuat dosa pada malam hari, kemudian pada pagi hari dosanya telah ditutup oleh Allah, ia berkata: "Wahai fulan semalam saya telah melaksanakan menyerupai ini dan ini (menceritakan dosanya)." Allah telah menutupi dosanya di malam hari, tetapi ia membuka kembali dosa yang telah ditutup oleh Allah tersebut.

____________________


WARISAN UNTUK CUCU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN, HIBAH DAN WAKAF

Assalamualaikum
Terima kasih telah di sediakan layanan konsultasi ini.
Sebelum ke pertanyaan saya paparkan terlebih dahulu jumlah keluarga :
Nenek
1. Anak laki laki ( almarhum)
a. Cucu laki laki (islam)
b. Cucu laki laki (islam)

2. Anak wanita ( murtad)
a. Anak wanita (islam)
b. Anak laki laki (islam)
c. Anak wanita (ikut agama yang baru)
d. Anak laki laki (ikut agama yang baru)

Pertanyaan saya yakni :
Nenek menjual sebidang tanah. Cucu dari anak pertama akan dikasih 25 jt / cucu
Anak ke dua 25 jt. Sisa hasil penjualan tetap di pegang nenek untuk keperluan nya dan sebagian akan di wakafkan. Tetapi sebelum pembagian itu terwujud nenek meninggal dunia

1. Apakah pembagian dari nenek sebelum meninggal tetap sah dan sisanya bagaimana? Atau menjadi harta warisan sepenuhnya di kurangi planning wakaf nenek
2. dan bagaimana pembagian selanjutnya?
Saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya.
Wassalamualaikum

JAWABAN

1. Pembagian nenek tidak sah, lantaran belum terjadi serah terima. Oleh lantaran itu, maka semua menjadi harta warisan termasuk yang rencananya mau diwakafkan lantaran belum terjadi kesepakatan serah terima wakaf antara nenek dengan pihak akseptor wakaf. Namun demikian, sebaiknya semua andal waris bersepakat untuk meneruskan planning wakaf nenek tersebut dan pahalanya diberikan untuk nenek dengan cara memotong sebagian harta waris untuk diwakafkan sesuai dengan kehendak pewaris waktu hidup.

Adapun klarifikasi dan dalil tidak atau belum sahnya hibah dan wakaf nenek tersebut (karena belum ada ijab kabul) terdapat dalam kitab Al-Mausuah Al-Fiqhiyah, hlm. 26/99, sbb:

الملكية للدار الموهوبة تثبت بالقبض بإذن الواهب عند جمهور الفقهاء من الحنفية والشافعية والحنابلة. وتثبت الملكية عند المالكية بمجرد العقد, غير أنهم يشترطون لتمام العقد الحيازة للدار الموهوبة. وعلى ذلك فإذا وهب شخص آخر دارا فإن الموهوب له تثبت له ملكية الدار وتصبح نافذة عند جميع الفقهاء بحيازة هذه الدار, وهذا إذا كان الموهوب له بالغا رشيدا. فإذا كان محجورا عليه فيقوم وليه مقامه نيابة عنه إذا لم يكن هو الواهب, فإن كان الولي هو الواهب فإن المالكية يقولون: تخلي الدار الموهوبة للموهوب له ولا يسكنها الولي, فإن سكنها بطلت الهبة.

وقال الحنفية: إن الأب لو وهب ابنه الصغير الدار التي يسكنها, وكانت مشغولة بمتاعه أي الواهب فإن هذا جائز له, ولا يمنع ذلك صحة الهبة. لكن لو أسكنها الأب لغيره بأجر فإن هذا لا يجوز . ولو أسكنها لغيره بدون أجر جاز ذلك عندهم ...

وذهب الشافعية إلى أنه لا بد من خلو الدار الموهوبة من أمتعة غير الموهوب له, فإن كانت مشغولة بها واستمرت فيها فإن الهبة لا تصح. ولا فرق عندهم بين الهبة للأجنبي أو لولده الصغير, ويقولون بجواز أن يسكن الأب في دار سكناه الموهوبة لولده المشمول بولايته, وعليه الأجرة بعد تمام الهبة

Artinya: Kepemilikan rumah yang diberikan itu gres sah sesudah diterima atas ijin pemberi berdasarkan lebih banyak didominasi ulama madzhab Hanafi, Syafi'i dan Hanbali. Sedangkan berdasarkan madzhab Maliki, kepemilikan menjadi sah sesudah terjadi kesepakatan hanya saja madzhab Maliki mensyaratkan untuk keabsahan kesepakatan dengan menempati rumah yang diberi.

2. Kami berasumsi bahwa yang anda maksud dalam poin 2a dan 2b yakni cucu dari nenek. Apabila benar demikian, maka pembagiannya sbb:

Adapun andal waris yang mendapatkan warisan dalam kasus di atas yakni semua cucu baik dari anak pertama (laki-laki muslim yang wafat) maupun anak kedua (perempuan murtad). Jadi, yang menerima warisan dan bagiannya yakni sbb:
(a) 1a (Cucu laki-laki) menerima 2/7
(b) 1b (cucu laki-laki) menerima 2/7
(c) 2a (cucu perempuan) menerima 1/7
(d) 2b (cucu laki-laki) menerima 2/7
Baca detail: Hukum Waris Islam

Sumber https://www.alkhoirot.net
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini:

close