Hukum Menggunakan Emas Perak Suasa

 Bagaimana Hukum Memakai Cincin Suasa bagi laki Hukum Memakai Emas Perak Suasa
HUKUM EMAS, PERAK, DAN SUASI DALAM FIQIH ISLAM

Bagaimana Hukum Memakai Cincin Suasa bagi laki-laki?
PERTANYAAN
Ass, wrbb.....

maaf ustad, saya ingin bertanya. apa hukumnya bagi pria yang menggunakan cincin yang terbuat dari suasa, baik untuk digunakan sehari-hari maupun waktu shalat.

trims. Was. wrwb
Safuri

DAFTAR ISI
  1. Dalil Dasar Emas dan Perak
  2. Hukum Memakai Emas bagi Wanita
  3. Hukum Memakai Cincin Emas bagi Laki-laki
  4. Hukum Memakai Emas bagi Anak Kecil Laki-laki
  5. Hukum Memakai Perak bagi Laki-laki
    1. Hukum Memakai Cincin Perak bagi Laki-laki
    2. Hukum Memakai Perak untuk Kalaung Gelang (Selain Cintin) bagi Laki-laki
  6. Hukum Memakai Suasa bagi Laki-laki
JAWABAN

Agar balasan ini lebih komprehesinf, maka diulas juga di sini hukum-hukum yang berkaitan dengan penggunaan emas, perak dan suasa baik bagi lak-laki, perempuan, dan anak kecil laki-laki. Khusus untuk Anda, jawabannya ialah haram menggunakan cincin suasa sebab mengandung emas. Pemakainya berdosa. Namun, apabila digunakan shalat, shalatnya tetap sah dan tidak perlu diulangi. Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm 1/111 mengatakan:

وكذلك أنهاهم عن لبس الذهب خواتيم وغير خواتيم ولو لبسوه فصلوا فيه كانوا مسيئين باللبس عاصين إن كانوا علموا بالنهي ولم يكن عليهم إعادة صلاة ; لأنه ليس من الأنجاس ألا ترى أن الأنجاس على الرجال والنساء سواء والنساء يصلين في الذهب .

Artinya: Begitu juga Nabi melarang umat Islam pria menggunakan emas baik dalam bentuk cincin atau lainnya. Apabila muslim menggunakan emas kemudian shalat maka mereka berbuat jelek dan maksiat apabila mereka tahu atas larangan itu tapi tidak perlu mengulangi shalatnya sebab emas tidaklah najis. Tidakkah anda tahu bahwa najis bagi pria dan perempuan itu sama sedangkan perempuan shalat dengan menggunakan emas.


DALIL DASAR EMAS DAN PERAK

Haram dan halalnya emas dan perak ialah berdasar sejumlah hadits sahih antara lain dikutip di bawah:
1. Hadits sahih riwayat Muslim dari Barra' bin Azib
أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بسبع ونهانا عن سبع أمرنا بعيادة المريض واتباع الجنازة وتشميت العاطس وإبرار القسم أو المقسم ونصر المظلوم وإجابة الداعي وإفشاء السلام ونهانا عن خواتيم أو عن تختم بالذهب وعن شرب بالفضة وعن المياثر وعن القسي وعن لبس الحرير والإستبرق والديباج

Arti ringkasan: Rasulullah memerintahkan kita untuk melaksanakan 7 (tujuh) kasus dan melarang 7 perkara. ... Nabi melarang kami menggunakan cincin emas, minum di wadah/bejana perak.

2. Hadits sahih riwayat Bukhari

الذهب والفضة والحرير والديباج هي لهم في الدنيا ولكم في الآخرة
Artinya: Emas, perak, sutera, ialah untuk mereka (orang kafir) di dunia dan untuk kita di akhirat.

3. Hadits sahih riwayat Tirmidzi dan Nasa'i

إِنَّ هَذَيْنِ حَرَامٌ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِي حِلٌّ لِإِنَاثِهَا

Artinya: Dua hal ini (emas dan sutra) ialah haram bagi pria dan halal bagi perempuan.

4. Hadits sahih riwayat Muslim dari Anas

أَنَّ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَبِسَ خَاتَم فِضَّة فِي يَمِينه

Artinya: Rasulullah menggunakan cincin dari perak di jari tangan kanannya.

5. Hadits sahih Bukhari Muslim
أنه صلى الله عليه وسلم اتخذ خاتماً من ورِق ( فضة)
Artinya: Bahwasanya Nabi menggunakan cincin dari perak.

HUKUM MEMAKAI EMAS BAGI WANITA

Perempuan boleh menggunakan memakai emas dan perak

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim menyatakan:

وأما النساء فيباح لهن لبس الحرير وجميع أنواعه ، وخواتيم الذهب ، وسائر الحلي منه ، ومن الفضة ، سواء المزوجة ، وغيرها ، والشابة والعجوز والغنية والفقيرة
Arti ringkasasn: Perempuan boleh menggunakan cincin emas dan perak baik sudah menikah atau belum, masih muda atau sudah tua, kaya atau miskin.

Ibnu Abdil Barr menyampaikan dalam Al-Istinkar

الإجماعَ على جوازِ التختمِ بالذهبِ للنساءِ ، وأنهُ يحرمُ على الرجالِ
Artinya: Ulama setuju (ijmak) atas bolehnya perempuan menggunakan cincin emas dan haram bagi laki-laki.

HUKUM MEMAKAI CINCIN EMAS BAGI LAKI-LAKI

Memakai cincin emas bagi pria itu haram mirip dikatakan Imam Nawawi dalam Syarah Muslim berikut:

وأما خاتم الذهب فهو حرام على الرجل بالإجماع ، ) .

Artinya: Adapun cincin emas itu haram bagi lak-laki berdasarkan ijmak (kesepakatan ulama).

HUKUM MEMAKAI EMAS BAGI ANAK KECIL LAKI-LAKI

1. Imam Nawawi berkata dalam Al-Majmuk:

فأما الصبي فهل يجوز للولي إلباسه الحرير فيه ثلاثة أوجه في البيان وغيره: أحدها يحرم على الولي إلباسه وتمكينه منه.. وتجري الأوجه الثلاثة في إلباسهم حلي الذهب.

واختلفوا في الراجح من الأوجه فالصحيح جوازه مطلقا وبه قطع صاحب الإبانة، وصححه الرافعي في المحرر

Artinya: Adapun anak kecil pria apakah boleh bagi wali (orang tua)-nya untuk memakaikan baju terbuat dari sutra ada tiga pandangan dalam hal ini. Salah satunya ialah haram bagi orang bau tanah anak untuk memakaikan baju sutra. Hukum yang sama berlaku juga dalam masalah wali memakaikan emas pada anak keci laki-laki.

Namun pendapat yang rajih (unggul) ialah boleh secara mutlak. Pendapat ini ditashih oleh Imam Rafi'i dalam Al-Muharrar.

HUKUM MEMAKAI PERAK BAGI LAKI-LAKI

Hukum menggunakan emas bagi pria diperinci yaitu apakah digunakan untuk cincin atau selain cincin mirip untuk kalung atau gelang.


A. Hukum Memakai Perak Dipakai untuk Cincin

Sebagaimana tersebut dalam hadits di atas, menggunakan cincin perak hukumnya boleh. Kaerna Nabi juga memakainya. Adapun apakah di jari ajun atau kiri itu sama-sama bolehnya. Namun ada pendapat yang menyampaikan di jari kanan lebih baik.

B. Hukum Perak Dipakai untuk ٍKalung dan Gelang (Selain Cincin) Bagi Laki-laki

Madzhab Syafi'i: Imam Nawawi menyampaikan dalam kitab Al-Majmuk:
قال أصحابنا: يجوز للرجل خاتم الفضة بالإجماع، وأما ما سواه من حلي الفضة كالسوار والمدملج والطوق ونحوها، فقطع الجمهور بتحريمها، وقال المتولي والغزالي في الفتاوى يجوز، لأنه لم يثبت في الفضة إلا تحريم الأواني، وتحريم التشبه بالنساء، والصحيح الأول لأن في هذا تشبهاً بالنساء وهو حرام
Arti ringkasan: Adapun menggunakan perak selain untuk cincin maka hukumnya haram berdasarkan jumhur (mayoritas) ulama. Namun berdasarkan Al-Mutawalli dan Al-Ghazali hukumnya boleh sebab tidak ada aturan tetap dalam soal perak kecuali keharaman wadah (bejana/gelas/baki) dan haramnya serupa dengan perempuan. Pendapat yang sahih ialah yang pertama, yaitu haram, sebab ibarat perempuan.

HUKUM MEMAKAI SUASA

Suasa ialah materi yang terbuat dari adonan emas dan perak. Memakai cincin suasa hukumnya haram begitu juga segala bentuk cincin yang dilapisi emas walaupun sedikit mirip klarifikasi Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim (شرح النووي على مسلم) berikut:


وكذا لو كان بعضه ذهبا وبعضه فضة حتى قال أصحابنا : لو كانت سن الخاتم ذهبا ، أو كان مموها بذهب يسير ، فهو حرام لعموم الحديث الآخر في الحرير والذهب ( إن هذين حرام على ذكور أمتي حل لإناثها

Bagitu juga haram menggunakan cincin yang sebagian bahannya terbuat dari emas dan sebagiannya lagi dari perak. Kalangan ulama Syafi'i mengatakan: Apabila pada cincin terbuat dari emas, atau dilapisi dengan sedikit emas maka hukumnya haram sebab keumuman hadits yang melarang pemakaian sutra dan emas.

Memakai cincin suasa hukumnya haram bagi pria baik digunakan sehari-hari apalagi untuk shalat.

Sumber https://www.alkhoirot.net
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini: